KemenPANRB Raih Penghargaan Germas Award K/L Terbaik Tahun 2022

Nasional212 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berhasil menjadi juara dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Award pada Kategori Pembudayaan Germas Kementerian/Lembaga Terbaik Tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penghargaan ini diterima oleh Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Budaya Kerja Abdul Hakim.

Germas merupakan bagian dari gerakan revolusi mental dalam bentuk karakter, budaya serta kondisi SDM yang cerdas, produktif dan siap berdaya saing dengan bangsa lain. “Sebagai poros utama kementerian/lembaga agar terus mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat ini menjadi kebiasaan masyarakat pada kegiatan sehari-hari khususnya di lingkungan instansi masing-masing,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan arahan pada penghargaan Germas Award Tahun 2022 di Jakarta, Selasa (06/12/2022).

Penilaian dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari seleksi administrasi dan penilaian kelengkapan dokumen, disusul penilaian implementasi secara langsung di kementerian/lembaga (K/L) terpilih yang masuk nominasi. Pelaksanaan kegiatan Germas di lingkup K/L tidak hanya bagus saat pelaksanaan penilaian, tapi diharapkan terus berkelanjutan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 37 K/L yang telah menyampaikan laporan hasil pelaksanaan Germas kepada Kemenko PMK. Pihaknya telah melakukan penilaian sejak 29 Agustus hingga 31 Oktober 2022 lalu.

Dalam kesempatan itu, Asisten Deputi Bidang Ketahanan Gizi dan Promosi Kesehatan Kemenko PMK Jelsi Natalia Marampa selaku Ketua Germas Award Tahun 2022 mengatakan dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen para pimpinan untuk selalu menjaga konsistensi pelaksanaan Germas di instansi masing-masing.

“Penilaian ini juga mendorong pemerintah untuk terus melaksanaan pembudayaan hidup sehat secara sistematis melalui perencanaan penganggaran, pengadaan sarana prasarana, hingga pelaksanaan evaluasi secara berkala dalam menigkataktan produktifitas para pegawai di instansinya,” pungkasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Hadi Sadikin, Menteri Olahraga Zainudin Amali, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko, Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, serta Kepala Lembaga, Kepala Daerah Provinsi, Kab/Kota dan Mitra Pembangungan melalui daring.
sumber:Hms KemenPANRB