KemenPUPR Gelar Ekshibisi Kendaraan Listrik dan Latihan Bersama Mobil Listrik Antar Perguruan Tinggi

Gaya Hidup225 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA- Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Jalan 2022, Kementerian PUPR menyelenggarakan Ekshibisi Kendaraan Listrik dan Latihan Bersama Mobil Listrik Antar Perguruan Tinggi di Sirkuit Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Bandung pada 10-11 Desember 2022.

Acara ini merupakan kerja sama antara Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat dengan tujuan sebagai bentuk sosialisasi program pemerintah terkait kendaraan listrik, serta peningkatan pemahaman masyarakat terhadap teknologi jalan.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan tantangan bagi anak muda Indonesia untuk berinovasi mengembangkan teknologi kendaraan listrik agar penggunaannya makin dilirik oleh masyarakat umum,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian saat membuka acara ini pada Sabtu (10/12/2022).

Dirjen Hedy menjelaskan program percepatan penggunaan kendaraan listrik adalah salah satu upaya pemerintah mengatasi pencemaran udara di Indonesia yang disebabkan oleh emisi karbon kendaraan, dan sebagai upaya untuk mengurangi subsidi BBM.

“Dengan membangun ekosistem kendaraan listrik, kita ingin jalan kita lebih sehat dan bebas polusi. Serta mengurangi subsidi BBM yang saat ini jumlahnya besar dan bersifat impor. Baterai kendaraan listrik menggunakan bahan baku nikel dimana kita merupakan salah satu produsen utamanya, sehingga lebih menguntungkan bagi kita secara ekonomi,” kata Dirjen Hedy.

Kegiatan Latihan Bersama Mobil Listrik ini berada di lintasan jalan percobaan di Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan yang dibangun dengan menggunakan beberapa inovasi teknologi jalan yaitu aspal plastik, aspal PG70 polimer, aspal PG70 karet alam, campuran aspal porous, beton porous, dan timbunan ringan.

Total terdapat 14 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang mengikuti acara ini, yaitu Politeknik Negeri Bandung, Telkom University, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Subang, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Politeknik TEDC Bandung, Universitas Bangka Belitung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Turut hadir para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga, para Kepala Dinas, General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia, Kepala Bank Mandiri Cabang Ujung Berung, Kapolsek Arcamanik Kompol M. Zuhdi, Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana, Zipur 9 Ujung Berung, Ketua HPJI Jawa Barat Muhammad Idris, Ketua IMI Jabar Uki Utomo, dan IPPU Jawa Barat Agus Bari Sailendra. (*)

Sumber:Biro Komunikasi Publik
KemenPUPR