Kursus Selam POSSI – TNI AL, Siap Kembangkan Potensi Maritim 

TNI Polri733 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksma TNI Suradi Agung menutup penyelenggaraan Kursus Instruktur Selam B1 POSSI XXX dan Oxygen Administrator ke-III tahun 2022 di Lapangan Dispotmaral, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (08/7).

Kadispotmaral dalam smbutannya menyampaikan pentingnya penyelenggaraan kursus instruktur selam ini sebagai upaya kuat terbentuknya integritas kepribadian sebagai insan potensi maritim dan peserta kursus yang akan mensosialisasikan kepada personel TNI/TNI AL khususnya kepada masyarakat maritim di wilayah para peserta bertugas.

Penyelenggaraan kursus instruktur selam B1 yang telah dilaksanakan selama 8 hari dan diikuti para peserta dari Spotmar Kasal, Dispotmaral, Dislambair Koarmada I, Dislambair Koarmada III, Yon Taifib I, Kodiklatal, Lanal Denpasar dan Fasharkan Manokwari tersebut diharapkan meski dalam waktu yang singkat para peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk selanjutkan dilaksanakan di jajarannya masing-masing.

Selain itu adanya kursus ini nantinya diharapkan akan munculnya instruktur-instruktur selam yang handal guna mendukung pelaksanaan tugas TNI AL, ujarnya.

Laksma TNI Suradi menjelaskan, walaupun waktunya sangat singkat tentu semuanya telah menerima berbagai penjelasan, pencerahan dan tehnik mengenai penyelaman dari para pelatih. “Melalui kursus instruktur selam B1 POSSI ini para peserta telah memiliki pemahaman yang cukup, terkait dengan materi-materi yang telah disampaikan, bahwa segala sesuatu yang telah para peserta kursus dapatkan dalam kegiatan ini, perlu dan wajib untuk diteruskan, dilaksanakan di jajaran masing-masing, sehingga pada integritas kepribadian sebagai insan Potensi Maritim,” ujar Laksma Suradi.

Sehubungan dengan terlaksananya kursus instruktur selam ini, Kadispotmaral berharap komunikasi dan koordinasi serta kerjasama yang sudah berjalan antara pengurus POSSI dan TNI AL kiranya dapat terus berlanjut dan semakin solid demi terwujudnya pembinaan penyelaman yang berkesinambungan dan memberi kontribusi penting bagi pembangunan nasional.

Sementara itu, Ketua Umum PB POSSI Mayjen TNI (Mar) Widodo D.P mengungkapkan TNI AL sudah mempunyai instruktur selam yang bertugas di Lantamal maupun Lanal yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

“Para instruktur selam tersebut yang mana selain untuk melaksanakan tugas TNI AL namun juga berfungsi untuk membina masyarakat di daerah. Penyelaman dapat diajarkan kepada masyarakat untuk menambah keterampilan serta memberikan dampak positif terhadap perkembangan pariwisata di daerah,” ungkap Mayjen TNI (Mar) Widodo yang juga Komandan Korps Marinir TNI AL.

Kegiatan kursus instruktur selam yang telah dilaksanakan selama 8 hari tersebut merupakan wujud nyata pelaksanaan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional.(***)