Latihan Jalak Sakti, Hardha Marutha 1 dan Gwawijaya Kopasgat utk uji kesiapan dan interoperability

TNI Polri325 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) memimpin pelaksanaan Upacara pembukaan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya TA. 2022. Latihan tersebut akan digelar dengan melibatkan berbagai unsur satuan tempur baik dari Koopsud I maupun dari unsur Wing I serta Satbravo Pasgat.

Pembukaan dilaksanakan di Lapangan Upacara Makoopsud I. Dihadiri oleh Kas Koopsud I, Ir Koopsud I, Danlanud Hlm, Para Asisten, Para Kepala Satuan Kerja Koopsud I, Dansatbravo Pasgat, Wadanwing I Pasgat beserta jajarannya, Danwing I, Danwing 4, Danwing 6, Danwing 7, serta Danwing 8 beserta masing-masing jajarannya, serta seluruh personel Makoopsud I. (Senin, 22-08-2022).

Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya ini, merupakan program kerja Koopsud I yang dilaksanakan dua tahap dengan gladi posko (22-25 Agustus 2022) dengan diakhiri Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsud I dan gladi lapangan (28-30 Agustus 2022) di Air Weapon Range dan Baseops Lanud Pangeran M. Bun Yamin (BNY), Lampung.

“Latihan ini untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I, dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil, guna menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi di wilayah tugasnya serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability Wing I dan Satbravo 90 Kopasgat, dalam merancang dan mengendalikan serta melaksanakan latihan dengan metode gladi posko dan gladi lapangan dengan sifat satu pihak dikendalikan” ujar Pangkoopsud I dalam sambutannya.

Persiapan pelaksanaan Latihan Jalak Sakti, diawali dengan gladi posko guna memberikan bekal kepada pelaku, agar mampu menerapkan prosedur dan mekanisme pengambilan keputusan militer untuk menyusun dan merumuskan rencana operasi pada tingkat Kogasudgab serta rencana pelibatan satgas dan unsur terpadu, untuk merumuskan rencana gerak pada babakan operasi udara. Gladi posko merupakan simulasi penggunaan kekuatan Koopsud I, dengan tujuan untuk menguji kemampuan dan kesiapan operasional serta profesionalisme Koopsud I, dalam menghadapi kontinjensi di wilayah yang menjadi tanggungjawab Koopsud I.

Lebih lanjut Pangkoopsud I menegaskan bahwa, “Tujuan dan sasaran latihan, akan dapat tercapai apabila para peserta dapat memanfaatkan seluruh kegiatan latihan dengan serius dan maksimal, karena latihan ini merupakan ajang terbentuknya kepercayaan diri, dalam penangkalan dan penindakan terhadap segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi di wilayah Koopsud I,’’ tegas Alumni AAU ’91.

Menutup sambutannya Pangkoopsud I berpesan, agar semua pelaku yang terlibat dapat mencurahkan segenap kemampuan dan keikhlasannya untuk berbuat yang terbaik, demi keberhasilan pelaksanaan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya TA. 2022.(***)