Pangkoopsud I Hadiri Penerimaan Pesawat C-130J-30 Super Hercules

TNI Polri107 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin, menghadiri penyerahan secara simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo, dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, bertempat di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (24/1/2024).

Penyerahan pesawat Super Hercules yang juga disaksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo merupakan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kemhan RI untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU.

Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 yang diterbangkan dari Georgia, Amerika Serikat pada tanggal 16 Januari 2024 dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada tanggal 22 Januari 2024 merupakan pengadaan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk memperkuat TNI Angkatan Udara, khususnya di bidang transportasi taktis.

Adapun pesawat C-130J-30 Super Hercules dipilih oleh Kementerian Pertahanan karena sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki wilayah sangat luas dan banyak runway pendek.

Selain pesawat C-130J-30 Super Hercules, pada kesempatan tersebut Menhan Prabowo juga secara simbolis menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak serta hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.(***)