Pangkoopsud I Pimpin Upacara Bendera 17an di Makoopsud I.

TNI Polri182 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., pimpin upacara bendera 17an, bertempat di Lapangan Upacara Makoopsud I. Dihadiri oleh Kas Koopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., Ir Koopsud I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han., Para Asisten, Sahli, Kasatker dan Para Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Koopsud I. (Senin, 18-09-2023).

Dalam amanat upacara bendera 17an Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Pangkoopsud I menjelaskan bahwa, “Upacara Bendera 17an yang kita laksanakan memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua, sebagai upaya untuk lebih memantapkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara serta sebagai sarana mempertebal nasionalisme serta untuk lebih memantapkan jatidiri sebagai prajurit pejuang dan tentara rakyat”.

Lebih lanjut Pangkoopsudnas dalam amanatnya menjelaskan berbagai tugas yang diamanahkan TNI AU telah berhasil dilaksanakan dengan baik yaitu “Pada saat Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 melalui Demo Udara yang ditampilkan, kegiatan Pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada 5-7 September 2023. Kemudian upaya mengatasi isu polusi udara di Jabodetabek khususnya yang semakin memburuk, serta berbagai latihan operasi gabungan baik dalam negeri maupun luar negeri. Semua keberhasilan ini tentunya berkat dukungan dan peran terbaik dari seluruh personel jajaran Koops Udara Nasional sebagai cerminan profesionalisme TNI Angkatan Udara dalam menjawab tugas pokok yang diembannya” ujar Pangkoopsudnas.

Selain itu, dalam memasuki pesta demokrasi lima tahunan pada tahun 2024 Pangkoopsudnas menekankan kepada seluruh prajurit Koops Udara Nasional dan jajaran, “Tetap pegang teguh pada prinsip Netralitas TNI dan sebagai prajurit yang berjati diri harus mampu berpijak pada posisi yang benar sehingga tidak terombang-ambing oleh berbagai kepentingan manapun”.

Setelah pelaksanaan Upacara Bendera 17an, Pangkoopsud I menyampaikan pengarahan khususnya kepada seluruh personel Makoopsud I diantaranya, “Kepada seluruh personel Makoopsud I yang akan melaksanakan pendidikan untuk menunjang kedinasan, agar dipersiapkan dengan sebaik mungkin kondisi kesehatan dan fisik kalian, agar jangan asal ikut pendidikan saja. Selain itu, jaga kondisi kesehatan dan lingkungan kalian semua saat musim kemarau yang panjang ini terlebih khusus saat nanti memasuki musim pancaroba”.

Lebih lanjut Pangkoopsud I menekankan kembali secara khusus kepada seluruh personel Makoopsud I terkait pesta demokrasi lima tahunan yang akan berlangsung, “Untuk selalu pegang teguh netralitas TNI dimanapun kita berada, selain itu kita juga harus peduli dengan lingkungan sekitar kita yang benar-benar harus netral baik sebelum, selama dan setelah pelaksanaan Pemilu” tegas Pangkoopsud I.(***)