Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 Rangkul Masyarakat Pesisir di Ibu Kota Baru

TNI Polri403 Dilihat

Bisnismetro.id, KALIMANTAN – Dalam Rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal Angakatan Ke -60 TA 2022 Melaksanakan Kegiatan KKDN dilaksanakan dari tanggal 16 s.d. 20 Mei 2022 tersebut dibagi menjadi 3 komisi kajian diwilayah ALKI II meliputi Balikpapan, Tarakan dan Pontianak pada hari Rabu (18/05).

Dihari ketiga pelaksanaan KKDN ini, Pasis Dikreg Seskoal -60 di Balikpapan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kecamatan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan kepada masyarakat pesisir di kelurahan Manggar dengan memberikan penyuluhan hukum agar para nelayan menghindari kegiatan fishing yang bersifat merusak dengan menggunakan bahan peledak. Selain itu juga, dilaksanakan penyuluhan dan promosi kesehatan didaerah pesisir agar terhindar dari penyakit-penyakit menular yang dapat terjadi di daerah pesisir.

Penyerahan alat keselamatan pelayaran berupa pelampung/jaket keselamatan diberikan langsung kepada nelayan yang sedang melaksanakan aktivitasnya di pesisir pantai.

Pada kesempatan yang sama Pasis Dikreg Seskoal-60 ini juga melaksanakan kegiatan Vaksinasi ke 1dan 2 serta booster dengan berbagai jenis vaksin bagi masyarakat pesisir yang karena kesibukanya melaut sehingga tidak dapat mendatangi tempat-tempat vaksin yang telah disediakan pemerintah. Kegiatan Vaksinasi ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lanal Balikpapan dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Di lokasi yang berdekatan, Para Pasis Dikreg Seskoal-60 juga melaksanakan pengecatan pagar besi di jembatan kampung warna-warni sepanjang 1KM di daerah pesisir Teluk 1000, Manggar, Kalimantan Timur.

Kegiatan ini secara keseluruhan diikuti oleh sebanyak 184 orang, terdiri dari 164 orang Pasis TNI AL, 2 orang Pasis TNI AD, 2 orang Pasis TNI AU, 7 orang Pasis Polri dan 9 orang Pasis dari negara sahabat berasal dari Australia, Singapura, Malaysia, India, Pakistan, Jepang, Uni Emirat Arab, Bangladesh dan Korea Utara.

Ditempat terpisah, Ketua Komisi B Balikpapan Mayor Laut (P) Taryono, mengatakan,” melalui KKDN ini para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke- 60 diharapkan peka dan peduli terhadap potensi-potensi masyarakat maritim di daerah penyangga ibu kota baru yang dapat diberdayakan sebagai mata dan telinga dalam mendukung pertahanan di laut dengan memberikan informasi-informasi yang berguna bagi kepentingan pertahanan dan keamanan negara, pungkasnya.(***)