PBB MELATIH DAYA KOSENTRASI SISWA

TNI Polri515 Dilihat

Teluk Kuantan- Babinsa Koramil 02/KT  memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SDN Negri 4 Taluk Kuantan,Selasa (21/10/2022). Kegiatan latihan PBB diikuti 28 siswa siswi.

Dalam penyampaiannya Kopda Yudi mengatakan dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut, ialah untuk membentuk sikap kedisiplinan, kekompakan, loyalitas, kepedulian, rasa persatuan dan tanggung jawab, sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar, dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi,” kata Kopda Yudi.

Selain materi PBB Kopda Yudi juga memberikan edukasi pembekalan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) nilai- nilai pengamalan butir-butir Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

Sementara itu, Kepala SDN Negri 4 Taluk Kuantan mengatakan bahwa latihan PBB bertujuan memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara agar para siswa memiliki kedisiplinan dan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila, dan UUD 1945.

“Kami berharap dengan pelatihan ini siswa dapat meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas di sekolah,” tutur Kepsek.

Siswa pun terlihat bersemangat dan antusias dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Hal ini terlihat pada saat penyampaian teori dan materi praktek mereka memperhatikan dengan serius dan seksama.

Peraturan Baris-Berbaris (PBB) merupakan salah satu materi wajib dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Adapun materi yang disampaikan dalam PBB adalah materi dasar seperti sikap sempurna, gerakan di tempat, perubahan arah dan perpindahan (berjalan).

Tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa.