Peranan Penting Peningkatan Fasilitas Pangkalan Untuk Mendukung Operasi TNI AL 

TNI Polri312 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – “Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Disfaslanal) menjalankan peran yang sangat penting dalam membangun, merawat dan meningkatkan kemampuan fasilitas pangkalan dalam rangka mendukung operasi yang diselenggarakan oleh TNI AL maupun TNI”.

Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Agus Santoso saat membuka Rapat Kerja Teknis Fasilitas Pangkalan tahun 2023, di Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (27/06).

Lebih lanjut dikatakan oleh Aslog Kasal bahwa, keberadaan pangkalan TNI AL yang merupakan bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) diharapkan mampu melaksanakan  fungsinya dalam memberikan dukungan logistik dalam bentuk kegiatan Refueling, Replenishment, Repair, Rest and Recreation (5R) kepada unsur operasional secara baik.

“Saya berharap melalui rakernis Faslan ini kita dapat mengurai berbagai persoalan yang ada, dengan menentukan langkah-langkah dan rumusan kebijakan  teknis bidang Faslan yang tepat”, tandas Laksamana Muda TNI Agus Santoso.

Rakernis Faslan merupakan kegiatan tahunan yang mempertemukan seluruh pejabat Dinas Fasiltas Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia. Dalam penyelenggaraannya tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Rakernis Fasilitas Pangkalan, Kita Tingkatkan Pembinaan Komunitas Fasilitas Pangkalan yang Profesional, Guna Mendukung Tugas Pokok TNI Angkatan Laut”.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan TNI AL (Kadisfaslanal) Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto dihadapan para peserta juga menekankan sejumlah hal penting mulai dari kaderisasi sumber daya manusia jajaran Faslan, efektifitas anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah, hingga keberadaan Satgas Penatausahaan Pemanfaatan Barang Milik Negara yang dibentuk Kementrian Pertahanan.

“Rapat kali ini dikemas sedikit berbeda dengan rakernis sebelumnya, dengan memperbanyak diskusi dan tanya jawab. Saya berharap di satuan bawah baik di Kotama maupun Lantamal dapat menyampaikan permasalahan yang ada pada forum ini sehingga dapat memberikan solusi atau pemecahan terhadap permasalahan  yang dihadapi”, ungkap Kadisfaslanal selaku Pembina teknis.

Seperti diketahui pembangunan kesiapan Pangkalan TNI AL guna menunjang operasi menjadi salah satu prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali. Hal tersebut guna menjamin kesiapan serta kesiagaan unsur maupun prajurit TNI AL. (***)