Pertemuan Bilateral Kepala Staf TNI AL dan AL Italia, Ini yang Dibicarakan 

Nasional123 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima kunjungan Deputy Chief of The Italian Navy Vice Admiral Giuseppe Berutti Bergotto, bertempat di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (20/07). Dalam pertemuan ini membahas sejumlah hal strategis dalam rangka peningkatan kerja sama pertahanan laut kedua negara.

“Selamat datang di Mabesal Cilangkap Jakarta, dan dalam kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada AL Italia yang telah turut berpartisipasi dalam Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) dan International Maritime Security Symposium (IMSS) yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu di Indonesia”, ungkap Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam kesempatan ini Vice Admiral Giuseppe Berutti Bergotto menyampaikan bahwa hubungan antara TNI AL dan AL Italia telah terjalin selama beberapa dekade, dan kunjungannya kali ini terkait kedatangan kapal AL Italia ITS Francesco Morosini ke Jakarta pada 18 hingga 22 Juli dalam rangka Naval Campaign.

“Sekaligus ini juga merupakan kunjungan balasan, dimana Laksamana TNI Muhammad Ali telah melaksanakan kunjungan kehormatan saat lawatannya ke Italia”, ungkap Vice Admiral Giuseppe Berutti Bergotto.

Sejumlah kerjasama AL kedua negara selama ini telah terjalin, diantaranya pelaksanaan kegiatan staff meeting dalam rangka menginisiasi dibukanya navy to navy talks sebagai forum resmi untuk membicarakan kerja sama dalam berbagai bidang seperti strategic overview, pertukaran informasi, pendidikan, kunjungan personel, kunjungan kapal serta latihan Angkatan Laut kedua negara.

”Saya sangat berharap pertemuan ini bermanfaat bagi kita semua serta generasi yang akan datang. Dari pertemuan ini saya yakin hubungan antara kedua Angkatan Laut akan semakin meningkat dengan baik”, ujar Kasal diakhir pertemuan tersebut.(***)