Prajurit TNI AL Berhasil Meraih Penghargaan Nasional 

Nasional66 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Salah satu Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali menerima penghargaan tingkat nasional yaitu Komandan KRI Teluk Weda-526, Letkol Laut (P) Ricky Tacoma dalam kegiatan Festival Music dan Budaya Anak Indonesia, bertempat di Jakarta Internasional Stadium, Sabtu (9/12).

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Simfoni Bintang Kecil dan mengambil tema “Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia” ini, Letkol Ricky mendapat penghargaan dengan kategori sebagai Anak Bangsa Pemrakarsa. Penerima penghargaan merupakan orang-orang yang berjasa bagi kemajuan anak-anak generasi muda bangsa Indonesia, dimana diantaranya terdapat Titiek Puspa, Kak Seto, Purwa Caraka Susi Susanti, Najwa Shihab, Raffi Ahmad, Putri Ariani dan sejumlah nama besar lainnya.

Letkol Ricky merupakan Inisiator Perpustakaan Terapung Pertama di KRI Teluk Weda-526, dimana salah satu indikator dari kemajuan suatu bangsa adalah tingkat kecerdasan, tingkat minat membaca dari generasi penerus bangsa tersebut. Letkol Ricky melihat bahwa minat baca maupun tingkat belajar generasi penerus bangsa ini masih kurang. Hal tersebut yang mendasari dalam pembuatan perpustakaan terapung.

Saat Letkol Ricky bertugas di wilayah Indonesia Timur dalam hal ini di Sorong, Papua pada tahun 2004-2005, melihat di sana banyak anak yang tidak dapat sekolah di usia mereka, hingga tidak memiliki biaya untuk sekolah. “Padahal seharusnya mereka mengenyam pendidikan, harusnya mereka sekolah agar bisa membaca dan mengenal angka”, ucap Letkol Ricky.

Melihat kondisi tersebut, Letkol Ricky yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-48 tahun 2002, menginisiasi untuk membuat sesuatu yang baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Letkol Ricky terinspirasi ketika melaksanakan pendidikan Ecole de Guerre (France War College) atau Sesko di Perancis dimana anak-anak memiliki minat baca yang luar biasa dan pemerintah luar negeri juga mendukung buku-buku yang berkualitas untuk meningkatkan minat baca anak.

Oleh sebab itu saat Letkol Ricky kembali ke Tanah Air, berharap pendidikan dapat diberikan secara merata kepada anak-anak di seluruh Indonesia, khususnya di pesisir Indonesia Timur. Sebagai langkah awal, Letkol Ricky membagi fungsi KRI Teluk Weda-526 yang kebetulan juga bertugas dan beroperasi di Koarmada III Sorong, di samping menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI juga berfungsi sebagai perpustakaan terapung bagi anak-anak di sana.

Kehadiran KRI Teluk Weda-526 merupakan hal yang ditunggu oleh anak-anak di wilayah Indonesia Timur, terutama anak-anak yang berada di pulau-pulau yang terpencil. Dimana buku terutama buku cerita bagi mereka merupakan hal yang jarang mereka temui.

Sebagai informasi bahwa sebelumnya Letkol Ricky pada tanggal 13 November 2023 lalu, Komandan KRI Teluk Weda-526 ini juga menerima penghargaan Soedirman Awards dari Panglima TNI kategori Tentara Inovatif atas idenya membuat KRI Teluk Weda-526 mempunyai fasilitas perpustakaan terapung, tempat yang nyaman bagi anak anak Indonesia Timur untuk belajar dan menuntut ilmu.

Selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu mewujudkan prajurit yang profesional, modern, dan tangguh, Kasal sangat mengapresiasi atas inisiasi pembuatan perpustakaan terapung di dalam KRI. Hal ini sebagai komitmen TNI AL dalam memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dalam hal ini yaitu meningkatkan minat baca anak-anak khususnya di pesisir Indonesia Timur. (***)