Prihatin, Hingga Kini Tangsel Belum Punya Balai Wartawan

Berita Utama314 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Dari hasil pantauan Uten Sutendi diberbagai kota, biasanya pemerinta kota mengindahkan profesi wartawan, salah satunya dengan cara menghadirkan fasilitas Balai Wartawan.

“Profesi wartawan itu sangat penting dan mulia, karena itu meraka harus diindahkan. Saya kira Tangerang Selatan (Tangsel) sudah waktunya Tangsel memiliki sebuah gedung yang disebut dengan Balai Wartawan,” ungkapnya, saat ditemui di kantin sekitar Puspemkot Tangsel, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut, Uten mengungkapkan bahwa dirinya bersama dengan wartawan yang ada di Tangsel, sudah sering mendiskusikan perihal balai wartawan mesti ada di Kota Tangsel, agar para wartawan bisa bekerja lebih nyaman, lebih kreatif, dan lebih inovatif.

“Ya, sudah ngobrol dengan wartawan senior maupun junior. Saya agak prihatin dengan teman-teman wartawan yang nongkrongnya di Taman Kota, Kantiin, Warung Kopi, dan lain-lain,” cetusnya.

Uten juga mengakui bahwa dirinya sudah sering mengajukan usulannya (Balai Wartawan) terhadap dinas terkait dan komunitas wartawan, namun hingga saat ini belum ada progres terkait usulannya tersebut.

“Saya kira, kita harus ada legacy dalam bentuk Balai Wartawan untuk jurnalis yang ada di Tangsel. Kalau Pemkot bisa membangun gedung MUI, PMI, KONI, dan gedung-gedung lainnya, kenapa tidak bisa memberikan fasilitas yang sama kepada wartawan? Bahkan, fungsinya jauh lebih penting daripada profesi-profesi lainnya,” paparnya.

Saat ditanyai wartawan mengenai fungsi Press Corner yang ada di area gedung pusat Pemkot Tangsel, Uten mengatakan bahwa fasilitas tersebut bersifat insidental.

“Maksudnya begini, jadi ada satu gedung yang fasilitas IT nya yang lengkap, ruang meetingnya. Jadi, sesama wartawan dari berbagai organisasi terjadi interaksi di gedung itu, sehingga miss komunikasi pemberitaan bisa diselesaikan dalam duduk bareng sesama jurnalis, maupun dari berbagai organisasi,” terangnya.

Pun kepada Walikota dan Wakil Walikota Tangsel, secara bijak, ia sarankan, sudah saatnya memberikan reward kepada insan pers yang sudah bekerja dan memberikan arti bagi pengembangan dan pembangunan Tangsel.

“Sudah saatnya mereka (wartawan) diberikan fasilitas Balai Wartawan, agar mereka nyaman. Kelak, Bang Ben dan Bang Pilar akan dikenang oleh mereka,” tukasnya.(sg)