Pulau Romang Akan Terang, Danlantamal IX Perintahkan Danposal Pulau Romang Bantu Percepat Listrik Masuk Desa

Daerah103 Dilihat

Bisnismetro.id, AMBON – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla memerintahkan Posal Pulau Romang bersama masyarakat setempat berupaya mendukung masuknya listrik di Pulau Romang.

Pulau Romang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku dan pusat pemerintahannya berada di desa Jerusu. Kecamatan ini terdiri dari 3 desa dan 4 kampung yang sampai dengan saat ini jaringan listrik belum menjangkau pulau tersebut.

Kebutuhan masyarakat Pulau Romang terkait listrik dan penerangan sangat mendesak, banyak masyarakat setempat menggunakan penerangan seadanya, ada yang menggunakan genset pribadi, atau solar cell untuk memenuhi kebutuhan listrik. Itu pun tidak semua warga mampu memilikinya.

Berdirinya tiang listrik di pulau itu hanya sebagai hiasan semata tapi tidak bermanfaat dan sebagian sudah ada yang rusak yaitu kabel putus serta tiang roboh di jalan yang menghubungkan antara desa Solath dan desa Jerusu.

Sekitar 5 sampai 6 tahun lalu proyek PLN pernah melakukan survey di desa Jerusu, tetapi belum ada tindak lanjut dari PLN maupun Pemerintah Daerah untuk merealisasikan listrik di Pulau Romang.

Bapak Ateng Maromon sebagai Ketua Mata Rumah Hila sekaligus Ketua BPD desa Hila setelah di konfirmasi oleh Danposal Pulau Romang Lettu (Mar) Sul Hajji bahwa proyek PLN di Pulau Romang sudah berjalan namun terhenti bahkan telah tersedia lokasi bangunan serta perumahan PLN yang saat ini terbengkalai.

Danposal Pulau Romang Lettu Mar Sul Hajji beserta aparat desa dan Pemerintah Kecamatan berupaya berkoordinasi dengan Tim Survey PLN Wilayah Maluku Barat Daya Ibu Mayong menyampaikan keinginan masyarakat agar Pulau Romang bisa mendapatkan prioritas aliran listrik dari PLN.

Hari ini di Dermaga Pelabuhan Pulau Romang dilaksanakan pengangkatan Gardu PLN Kec. Pulau Romang bersama petugas PLN dan masyarakat dalam rangka merealisasikan keinginan masyarakat Pulau Romang. “Saya sudah berkoordinasi melalui telepon maupun whatsapp dengan PLN wilayah Makassar untuk memprioritaskan masuknya listrik di Pulau Romang dan Alhamdulillah ditindaklanjuti,” ujar Danposal Pulau Romang.

“Hal ini juga merupakan perintah langsung dari Danlantamal IX, Posal sebagai satuan terkecil dari TNI AL dimanapun berada harus bisa memberikan manfaat dan membantu masyarakat disekelilingnya,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut Danlantamal IX Ambon mengapresiasi adanya upaya dari Danposal Pulau Romang tersebut, mengingat sudah merupakan kewajiban Posal Pulau Romang yang keberadaannya harus memberikan manfaat dan membantu masyarakat di wilayah tersebut. Selain itu Danlantamal berharap agar kedepan proyek PLN yang ada di Pulau Romang bisa segera di tuntaskan sehingga masyarakat dapat mengakses fasilitas listrik dengan mudah. (Dispen Lantamal IX/Ambon)***