Pushidrosal gelar forum Timnas Pipa dan Kabel bawah laut dengan pelaku usaha

Berita Utama, Ekonomi326 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar Forum Timnas Pipa Dan Kabel Bawah Laut Dengan Pelaku Usaha di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, jakarta Utara, Senin (10/10/2022).

Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk membahas perkembangan penataan pipa dan kabel di Indonesia serta guna menggali permasalahan untuk mencapai kesamaan pandangan dan visi dalam penataan Kabel Bawah Laut antara regulator dan operator.

Forum bertajuk ”Minum Kopi Timnas Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut dengan Pelaku Usaha ini” dihadiri oleh para perwakilan dari Kementerian/Lembaga seperti Kemenkomarves, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Asosiasi Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (Askalsi), serta pelaku usaha, baik dari SKKL maupun Kabel Power.

Hadir sebagai pembicara di antaranya Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Kepala Dinas Nautika (Kadisnautika) Pushidrosal Kolonel Laut (P) Sinung Budi Prasojo, Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan (PDLUK) KLHK Farid Muhammad, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub Mugen S. Sartoto, serta Fungsional Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Muda KKP Didit Eko Prasetiyo.

Pada kesempatan tersebut, Danpushidrosal sebagai Ketua Tim Pelaksana Penataan Alur Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut menyampaikan bahwa forum tersebut diselenggarakan untuk menyelaraskan agar pipa dan kabel yang lewat di laut tertata dengan baik, karena dari hasil monitoring yang dilakukan oleh pihaknya masih terdapat beberapa permasalahan.

Menurutnya, dengan diadakan forum tersebut permasalahan yang disampaikan, akan mendapat solusinya, antara pemerintah dan pelaku usaha SKKL maupun Kabel Power.

”Beberapa hal yang didiskusikan antara lain tentang pemanfaatan landing point bersama pada lahan pemerintah, lalu aspek teknis terkait penerbitan rekomendasi marine survey dan rekomendasi jalur penggelarannya” kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal lebih lanjut menegaskan, dari hasil forum tersebut, Tim Nasional Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut dengan pelaku usaha akan berkolaborasi bersama dalam bentuk pengadaan situs monitoring yang dalam waktu dekat akan segera diluncurkan.(***)