Pushidrosal Gelar Latopsurta Hidros TA.2023

Nasional144 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Gladi Posko Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi (Latopsurta Hidros) TA. 2023.

Latihan bertema “Pushidrosal melaksanakan latihan operasi survey dan pemetaan Hidro-Oseanografi pada pelibatan dalam operasi Search and Rescue (SAR) di laut TA 2023 di wilayah Jakarta dan Perairan Teluk Jakarta dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut” tersebut secara resmi dibuka oleh Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto mewakili Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) bertempat di ruang serbaguna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa (16/5/2023).

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Dirlat dalam sambutannya yang dibacakan Wadanpushidrosal mengatakan bahwa dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan implementasinya dalam bidang hidrografi telah berkembang dengan sangat pesat dan dinamis terutama dari aspek teknologi alutsista, hardware, software, dan metode pengolahan datanya.

Hal tersebut akan berdampak pada tuntutan kemampuan personel KRI, unit survey, dan pengawak Pushidrosal untuk mampu secara adaptif menerapkannya pada doktrin, taktik, dan prosedur standar pengoperasian.

Selaras dengan hal tersebut, untuk meningkatkan kemampuan, kesiapan operasional, profesionalisme prajurit dan keterpaduan antar unit tugas serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi surta hidros dalam rangka pelibatan Pushidrosal pada operasi pencarian dan pertolongan (Search and Rescue/SAR) di laut.

Lebih lanjut, latihan ini merupakan tolok ukur penilaian kompetensi pelaksanaan tugas, sesuai dengan peran kewenangan dan fungsi satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal, dimulai dari tingkat perorangan sampai dengan tingkat satuan kerja yang terlibat dalam proses penyelenggaraan surta hidros.

Hadir pada pembukaan Latihan tersebut antara lain Perwakilan dari Basarnas, Mabes TNI AL, Lantamal III Jakarta, Pejabat Utama Pushidrosal, serta para pelaku, Wasdal, serta Penilai Latopsurta Hidros TA 2023.

Latopsurta Hidros 2023 dilaksanakan selama 14 hari dengan melibatkan 236 personel, yang dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap Geladi Posko dan Geladi Lapangan. Geladi Posko dilaksanakan di Mako Pushidrosal, sedangkan dalam tahap Geladi Lapangan mengambil lokasi di perairan Teluk Jakarta dengan melibatkan Unit Survei Pesisir, Unsur KRI dan Staf pendukung yang akan melaksanakan kegiatan Operasi survei dan pemetaan yang meliputi hidrografi, oseanografi, meteorologi dan geografi maritim.(***)