Pushidrosal TNI AL Gelar Kursus Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B (Sertifikat Internasional)

Nasional111 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar kegiatan kursus peningkatan kompetensi surveyor hidrografi kategori B (sertifikat internasional) tahun 2023.

Acara tersebut dibuka oleh Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat bertempat di ruang serbaguna Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis, (6/7/2023).

Kegiatan diawali dengan laporan oleh Ketua Pelaksana Kadisserprof Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Kukuh Suryo Widodo kepada Danpushidrosal dan penyematan tanda siswa kepada perwakilan peserta serta penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dirjen Perhubungan Laut Dirnav dengan Pushidrosal.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal menyampaikan bahwa pemenuhan kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk beradaptasi dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi yang begitu cepatnya, merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Kapabilitas individu yang didukung dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi syarat agar mampu bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Salah satunya adalah membekali kemampuan dibidang hidrografi melalui peningkatan kompetensi surveyor hidrografi kategori B (sertifikat internasional) yang bekerja sama dengan Pushidrosal sebagai kotama operasi dan kotama pembinaan TNI Angkatan Laut yang bertugas menyelenggarakan operasi survey pemetaan hidro-oseanografi yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional.

Lebih lanjut, kegiatan peningkatan kompetensi surveyor hidrografi kategori B bertujuan untuk mendidik, melatih, dan membekali peserta pelatihan dengan pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang hidrografi, oseanografi, meteorology, dan geografi maritim, mulai dari pengumpulan data, pengolahan dan analisa data sampai pada penyusunan laporan, sesuai dengan standar IHO-FIG-ICA-WMO-SNI, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai surveyor hidrografi kategori B di satuan kerjanya masing-masing.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta didik diantaranya 19 orang siswa Dinas Kenavigasian, 1 orang dari PT. APBS, 1 orang dari PT. Samudera Atlantis Indonesia dan akan berlangsung selama 6 bulan mulai tanggal 3 Juli sampai 21 Desember 2021 bertempat di Pusat Pendidikan Hidro-oseanografi (Pusdikhidros) untuk pelajaran teori dan latihan praktek di Teluk Jakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, Pejabat Utama Pushidrosal, Direktur Kenavigasian Capt. Budi Mantoro, Danpusdikhidros Kolonel Laut (P) Endro Kusumo, perwakilan PT. APBS dan PT. Samudera Atlantis Indonesia.(***)