Rak Thai Usung Konsep Real Street Food dengan Rasa Autentik Pertama di Indonesia

Berita Utama, Ekonomi277 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Ingin menjelajah keragaman kuliner ala negara tetangga , sekarang Ada Warung makan dengan konsep resto tenda tempat viral yang menyajikan makanan Thailand pertama di Indonesia dengan konsep atau tema real street food dengan rasa yang autentik.

Sebuah warung tenda di kawasan Kelapa Gading tengah ramai dibicarakan karena menyajikan makanan Thailand. Salah satu pemiliknya merupakan orang asli Thailand menjadi daya tarik yang membuat para pelanggan datang.

Salah satu pemiliknya, Rian. Ia menuturkan ide bisnis kuliner Thailand terinspirasi dari sosok istrinya, Muksiri, yang merupakan warga negara asli Thailand.

“Tertarik karena keluarga dari istri di Thailand memang berjualan makanan dari era nenek dari istri saya di Thailand ,Dan saya sendiri pun pernah berbisnis F n B beberapa kali sebelumnya di daerah kelapa gading. Ketika saya melihat peluang di Thai food kami segera memulai buka Rak,” demikian dikatakan Rian owner Rak Thai, lewat pesan singkat di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Ryan sang owner berpendapat, street food yang menyajikan Thai Food dengan harga terjangkau seperti ini masih jarang ada di Indonesia, karena kalau di resto-resto image orang harganya sudah sangat mahal.

“Justru karena saya melihat adanya peluang di tenda street food karena belum ada di Indonesia Thai food street di tenda, karena rata-rata Thai food sendiri kebanyakan adanya di restaurant dan dengan brain image agak mahal, makanya saya buat real Thai street food dengan harga masih terjangkau dari 35 rb – 65 rb maksimal,” ungkapnya.

Rak Thai sendiri mulai berdiri pada bulan Mei lalu, dan asal muasal kepikiran membuka bisnis di Kelapa Gading Jakarta karena Rian lahir dan tinggal di jakarta dan sekarang semua keluarga menetap di jakarta.

” Kalau alasan kami kenapa buka di Kelapa Gading karena kami tinggal di Kelapa Gading juga,dan menurut kami Kelapa Gading lokasi yg sangat baik untuk memulai start pertama outlet kami buka,” ujar Rian.

Warung tenda yang di awaki Rian ini semakin ramai dan suday tentu menjadi tempat makan yang disambangi banyak YouTuber dan food Vlogger untuk keperluan membuat konten mereka.

Karena selalu ramai warung ini selalu terlihat antrean yang panjang, bahkan terlihat sebelum warung buka.

“Antisipasi dengan antrean yang mengular kami tiba bahkan sebelum warung tenda ini buka. Memesan beberapa menu andalan yang ditawarkan, lidah kami seolah diajak berkelana di negeri gajah putih.” Sebut seorang pelanggan Rak Thai.

Rak Thai yang beroperasi di Kelapa Gading ini sejak bulan Mei lalu. Seluruh resep yang disajikan di Rak Thai ini juga diakui oleh Rian sebagian masih menggunakan bahan dan bumbu yang diimpor tetapi sebagian lainnya menggunakan produk lokal.

“Kalau bahan itu kita ada bumbu dan saus yang masih pakai dari Thailand, diimpor. Sebagian lagi masih pakai produk lokal,” kata Rian

Thailand dan Indonesia yang berada pada wilayah yang sama, Asia Tenggara, juga memudahkan Rak Thai untuk mendapatkan beberapa bumbu dan rempah segar. Terutama untuk penggunaan jeruk nipis yang identik dengan cita rasa asam khas makanan Thailand.

Menunya yang menjadi signature di Rak Thai adalah salad yang segar, namanya pad thai, hingga tom yum semuanya di masak dengan racikan resep nenek moyang.

Di Warung Rak Thai Cuma ada 1 menu yang harganya di atas 100rb yaitu salad Thailand atau yg biasa di sebut som tum di Thailand sendiri menu ini walau harganya sedikit mahal tapi satu porsinya bisa untuk ber 2-3 orang.

Thai Saladnya (Rp 165.000) disajikan dengan isian yang sangat lengkap. Ada soun, potongan wortel, jagung, udang, gurita, salmon, serta dilengkapi dengan racikan saus yang khas.

“Semua seafood seperti di salad dan salmon itu kita selalu segar. Tidak pernah disimpan dan restock setiap hari karena memang setiap hari akan habis. Seafoodnya kita lebih pilih seafood lokal agar tetap segar,” tutur Rian.

Rak Thai mulai buka dari selasa – minggu mulai buka pukul 18.30 dan tutup pada pukul 23.30.

Yang membedakan RakThai dengan resto-resto lainnya terletak di bahan bakunya.

“Bahan-bahan kita semua fresh setiap hari karena setiap hari kami habis sold terus,ingridients bumbu dan sauce2 kami import dari Thailand langsung, thaitea kami pun powder nya asli dari Thailand. Dan yang membedakan dari segi masak sendiri adalah resep istri saya ini adalah resep turun temurun dari generasi neneknya di Thailand jadi kalau soal rasa kami jamin 100% “Authentic Thailand” . Papar Rian.

Rencana ke depan Rak Thai, Harapannya bisa memiliki banyak cabang agar bisa membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia, misinya adalah menghadirkan ragam menu makanan Thailand terbaik dengan cita rasa lezat dan pelayanan maksimal.

“Secepatnya kami akan ada cabang-cabang lain,rencana kemungkinan akan buka di Jakarta Selatan, PIK, Tanggerang dulu dalam waktu dekat,” pungkasnya.(***)