RDS Label Solution Dukung Penguatan UMKM Jawa Barat,Hadirkan Seminar Akselerasi SHERPA untukPelaku Usaha Cimahi

Berita Utama, Ekonomi217 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Setelah sebelumnya dilakukan diBekasi pada 2022, kini seminar SHERPA menyapa pelaku UMKM Cimahi, Jawa Baratpada Kamis, 16 Maret 2023 lalu.  Digelardi Yello Hotel Paskal, Bandung seminar ini turut mengundang Pemerintah KotaCimahi dengan mengusung tema “The NextLevel of Digital Label Technology – A Creative Business Event”.

Seminar SHERPA hadir dengan tujuanmenginspirasi dan berbagi pengetahuan tentang pentingnya label dan desainkemasan untuk meningkatkan minat beli produk. Oleh karena itu, seminar SHERPAmengundang pembicara dari berbagai kalangan, perwakilan pemerintah, pelaku usaha,percetakan, hingga konsultan digitalmarketing.

Acara ini dibuka oleh DamarisCakrawana selaku Direktur Program SHERPA. “SHERPA adalah sebuah komunitasdengan program kerja berkelanjutan dari RDSLabel Solution untuk seluruh pemangku kepentingan di industri label dankemasan di Indonesia,” ungkap Damaris.

Pihak Pemerintah Kota Cimahi yangturut hadir di acara tersebut, yakni Sri Wahyuni, SE, MSi, sebagai KepalaBidang Perdagangan, menyambut baik program kerja yang dibuatkan SHERPA dalammendukung perkembangan UMKM di Cimahi.

“SHERPA merupakan komunitas yangbergerak di industri label yang didirikan dan dikelola oleh RDS Label Solution dengan bermitradengan Epson sebagai Printing TechnologyPartner. Tentu kita mendorong program kerja yang berkelanjutan danberakselerasi ini sehingga mampu mendorong pertumbuhan pelaku UMKM,” jelasbeliau.

Perkembangan digital sudahmenyentuh segala sektor, termasuk juga industri percetakan yang sudah bergerak dari percetakan konvensional kepercetakan digital. Lina Mariani, Senior Manager Commercial & IndustryDepartment PT EPSON Indonesia, turut hadir menjelaskan perbedaan dan tipe-tipelabel serta  bentuk kemasan.

Hal initentu penting bagi para pelaku usaha agar mampu mengkomunikasikan produk merekadengan efisien melalui label. Pada kesempatan ini pula, beliau memperkenalkanmesin cetak label terbaru EPSON yaitu Surepress L-6534 VW yang mampu mencetaklabel sepanjang 30 km dalam 1 jam.

RDS juga menghadirkan Konsultan Label yaitu M. Dzaky, yang memberikanpoin penting terkait tren kemasan terkini dan bagaimana desain kemasan bisalebih menarik sehingga mempengaruhi peningkatan penjualan produk. Nuni Pratiwi selaku CEO PT AksaraCipta Karsa juga menekankan pada sesinya bahwa kemasan yang desainnya dibuatdengan matang dapat memotong biaya promosi.

“Kemasan yang unik mampumeningkatkan rasa penasaran konsumen untuk membeli, dan mereka juga tidak akanragu-ragu untuk menceritakannya kepada teman apalagi membagikannya di mediasosial. Disinilah peran kemasan mampu menjadi media promosi bagi produktersebut.” ujar beliau.

Salah satu pelaku UMKM yang sudahpaham dan menerapkan pentingnya desain label dan kemasan pada produknya adalahsosok Yuliawati. Sesi-nya yang bertajuk ‘Karena Label, Produk Kami Mendunia’ membagikanperjalanan produk yang beliau kembangkan dari nol hingga kini bisa dikirim keluar negeri.

Beliau juga memberikan langkah-langkah dalam menentukan desainbersama tips dan triknya.  Seminar SHERPA ditutup denganpembahasan penting yaitu melakukan promosi produk melalui media sosial untukmeningkatkan brand awareness. AgnesCyntia, selaku Konsultan DigitalMarketing, membagikan langkah-langkah proses kreatif yang mampu mendorongkeberhasilan pembuatan kemasan yang menarik.

Tidak hanya itu, beliau jugamenjelaskan bagaimana cara membaca data yang ada, seperti fitur insight di media sosial maupun e-commerce. Rangkaian seminar ini tidak hanyadiharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap teknologi label dan kemasan,namun juga mampu meningkatkan kolaborasi hingga menumbuhkan bisnis-bisnis UMKMIndonesia kedepannya.

Dengan melihat potensi tersebut, maka bisnis UMKM dapat menjadi keydriver untuk perekonomian Indonesia saat ini. Bersama program kolaborasi, mitrabisnis dan jejaring yang dimiliki, SHERPA ingin membuka kesempatan dan jalan seluas-luasnya untuk meningkatkan kerjasama antara pelaku usaha dan penyediajasa label di Indonesia.(***)