Rekrut Komponen Cadangan, Babinsa Soalisasikan di Wilayah Binaan Kampung Pancasila

TNI Polri233 Dilihat

Teluk Kuantan,Komponen Cadangan (Komcad) adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI) yang mobilisasinya atas perintah Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Komcad sendiri dibagi menjadi 4 bagian yaitu Komcad sumber daya manusia, Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan serta Komcad sarana dan prasarana. Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat.

Terkait hal itu, Babinsa Koramil 02/KT Kodim 0302/Inhu Serka Despi Herdison mensosialisasikan program komponen cadangan (komcad) kepada masyarakat di wilayah teritorialnya di Desa Sebrang Taluk.

Dirinya menyampaikan bahwa komcad ini merupakan program yang terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18 sampai 35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi Komponen cadangan.

“Bagi masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komcad di Koramil setempat dengan batas usia 18-35 tahun,” ungkap Serka Despi Rabu (01/02/2023).

Sementara, Danramil 02/KT mengatakan, untuk menjadi calon komcad harus melalui seleksi dengan syarat harus sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki catatan kriminal, setelah dinyatakan lulus dalam seleksi, calon komcad wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan.

“Jadi selama mengikuti pelatihan, calon komcad berhak memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, serta pelindungan jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran,” jelasnya.