TNI AL Gelar Apel Kesiapan Unsur-Unsur Satgasla KTT WWF Ke-10 di Bali  

Nasional100 Dilihat

Bisnismetro.id, BALI — TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, selaku Komandan Satgas Laut (Dansatgasla), memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Unsur-Unsur Satgasla PAM VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 Tahun 2024, yang digelar di Dermaga Benoa, Pulau Bali, Jumat lalu (17/05).

Dalam pelaksanaan pengamanan laut KTT WWF ke-10, TNI AL menerjunkan 7 KRI meliputi KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Ahmad Yani-351, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Layang-635, KRI Marlin-877 dan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sebagai kapal markas unsur Satgasla, serta unsur lainnya, seperti sea rider, LCU, hingga dua helikopter, yakni Heli HS-1308, dan HS-1311.

Sementara itu, TNI AL juga mengerahkan 3.000 prajurit yang terdiri dari staf Satgasla, ABK KRI, crew Helly, Kopaska, Penyelam, tim kesehatan, serta unsur lainnya.

Pangkoarmada II dalam amanatnya menyampaikan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi yang digelar selama 12 har mendatang merupakan kesempatan bagi semuanya untuk memperkuat kerja sama regional, dalam rangka menyelamatkan keanekaragaman spesies laut dengan mempromosikan pelestarian yang memberikan keuntungan sosial dan ekonomi secara berkelanjutan bagi komunitas lokal.

Lebih lanjut disampaikan jika keamanan dalam persiapan maupun pelaksanaan KTT WWF ke-10 terutama di sektor laut merupakan tugas dan tanggung jawab bersama untuk menjaga kehormatan dan citra bangsa di mata dunia.

“Saya perintahkan kepada seluruh prajurit dan komandan pasukan untuk periksa dan periksa lagi mulai dari personel, material, perlengkapan, piranti lunak, hingga rencana dan prosedur beserta pemahaman oleh seluruh personel, semua harus yakin 100%”, tegas Pangkoarmada II.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta menjaga keamanan dan keselamatan personel selama menjalankan tugas. (Red/BM)