TNI AL Integrasikan K4IPP Bangun Network Centric Warfare 

TNI Polri522 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – “Komlek TNI Angkatan Laut (TNI AL) menjamin terintegrasinya seluruh elemen Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4IPP) dalam membangun sebuah Network Centric Warfare (NCW) sebagai sebuah konsep modern, menggambarkan kombinasi dari taktik, teknik dan prosedur serta penyebaran informasi secara real time, yang dapat digunakan secara bersama oleh seluruh unsur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam memenangkan pertempuran”.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Askomlek Kasal Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan saat Pembukaan Rapat Koordinasi Komunikasi dan Elektronika (Rakor Komlek) Tahun 2023 bertempat di Auditorium Detasemen Markas (Denma), Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, (16/03).

NCW merupakan konsep operasi yang mendukung pengerahan seluruh unsur yang terlibat dalam pertempuran dengan didukung oleh keunggulan yang akan menjadi kekuatan tempur yang efektif memberikan gambaran situasi bersama yang lebih adaptif serta memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan cepat.

Kegiatan yang mengangkat tema “Skomlek TNI AL Siap Membangun Network Centric Warfare (NCW) Guna Mendukung TNI AL Sebagai Patriot NKRI Dalam Rangka Pembangunan Nasional” ini sebagai langkah pendekatan strategis yang didasari pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu meningkatkan efektivitas operasi militer dan kemampuan pertahanan suatu negara.

“Rapat koordinasi bidang komunikasi dan elektronika (Komlek) Angkatan Laut tahun 2023 memiliki tujuan menyamakan pemahaman Network Centric Warfare sehingga selain memahami tentang NCW, juga dapat memberikan suatu konsep mendasar tentang pembangunan NCW untuk kepentingan operasi TNI Angkatan Laut”, ujar Askomlek Kasal Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan di depan awak media.

“Laksanakan Network Centric Warfare TNI AL melalui interoperability bidang Komlek dan Pernika serta operability bidang Senlek demi terwujudnya kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern dan handal,” pungkasnya.

Rakor Komlek tahun 2023 ini dihadiri secara langsung Pejabat Utama Mabesal, para Kasatker Bidang Komlek Kotama Jakarta, serta diikuti secara virtual oleh para staf Komlek Kotama TNI AL seluruh Indonesia. Di sela-sela kegiatan, Askomlek Kasal berkesempatan mengunjungi pameran bidang komunikasi dan elektronika. (***)