TNI AU Bekali Pelatihan _Barista_ Bagi Prajurit dan PNS Jelang Purna Tugas

TNI Polri315 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – TNI AU memberikan pelatihan _Barista_ kepada para prajurit dan PNS TNI AU yang akan memasuki Purna tugas. Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Administrasi Personel TNI AU (Kadisminpersau) Marsma TNI DR. Agus Priyanto, psc., S.E., M.M., M.Sc., di Skadik 304 Wingdik 300/Tek Jakarta, Senin (20/2/2023).

Kadisminpersau mengatakan, pelatihan untuk membekali personel TNI AU yang akan memasuki purna tugas, agar memiliki ketrampilan dibidang Barista (meracik minuman berbasis biji kopi yang diesktrasi dengan mesin khusus).

“Dengan ketrampilan _Barista_, diharapkan para personel TNI AU setelah purna tugas punya modal untuk berusaha di masyarakat,” kata Kadisminpersau.

Pelatihan akan berlangsung selama enam hari, diikuti 15 personel TNI AU (militer dan PNS). Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi dari para instruktur dari Lembaga Bina Mutu Bangsa, yaitu assesor Lembaga Sertifikasi Kompetensi Pengelolaan Kursus dan Pelatihan Indonesia (LSK PKPI).

Materi yang dilatihkan meliputi, _Introduction to Barista,_ pengenalan Barista dan _Roasting_ , praktek _Roasting_ dan evaluasi, Kalibrasi Kopi, _Espresso dan Milk Based_ , serta minuman turunan _Espresso, Cappucino, dan Latte art._

Melalui pelatihan Barista, para peserta diharapkan juga memiliki kemampuan dan pemahaman terhadap jenis dan karakter kopi, keterampilan meracik dan cara menyeduh kopi yang baik.

Hadir pada acara pembukaan, Sesdisminpersau, para Kasubdis jajaran Disminpersau, serta Danskadik 304 Wingdik 300/Tek.(***)