TNI AU Gelar Latihan Operasi Informasi, Untuk Menghadapi Perang Asimetris

TNI Polri206 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – TNI Angkatan Udara menggelar latihan Operasi Informasi tahun 2023. Selain untuk menguji kesiapsiagaan dan kemampuan satyan jajaran Komando Operasi Udara (Koopsud) I, II, dan III, latihan juga untuk menghadapi perang asimetris.

Latihan berlangsungvtiga hari (7 – 9 Junin2023), di kesatrian Sekolah Komando Kesatuan TNI AU (Sekkau), Jakarta.

dibuka oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau) selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi. S., M.M di gedung Pramanasala, Kampus Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Saat membuka latihan, Komandan Kodiklatau, selaku Pimumlat, Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., MM., mengatakan, latihan bertujuan memelihara, meningkatkan, dan menguji kemampuan Koopsud I, II, dan Koopsud III beserta satuan jajarannya dalam menyusun rencana, sekaligus melaksanakan operasi dukungan informasi pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Pelaku dilatih untuk menguji kemampuan personel, peralatan dan piranti lunak tiap unsur yang terlibat dalam merencanakan, mempersiapkan serta melaksanakan operasi informasi guna mencapai keunggulan informasi dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Udara,” Dankodiklat.

Disampaikanya, bahwa hasil latihan untuk melihat sejauh mana tingkat kesiapan perangkat lunak TNI AU dan pelaku setiap unsur, sehingga dapat dijadikan pedoman bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan lebih lanjut. Hal ini diperlukan untuk menemukan

Pimumlat berharap pelaksanaan latihan operasi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kekuatan operasi informasi TNI Angkatan Udara.

Kepada seluruh pelaku latihan, ditekankan melaksanakannya dengan penuh dedikasi dan semangat yang disertai kesungguhan, kecermatan, disiplin dan rasa tanggung jawab.

“Pelihara realisme latihan, sehingga dapat mengembangkan metode-metode yang efektif dalam operasi informasi, serta berdayakan semua sumber daya yang tersedia secara maksimal, sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai,” pinta Pimumlat.

Selain itu, Pimumlat juga menekankan, agar pelaku latihan menemukan ide atau gagasan baru dalam pengembangan doktrin yang berkaitan dengan operasi informasi dengan tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan, baik personel, materiil dan produk-produk latihan.

Operasi Informasi 2023 bertemakan “Satgas informasi melaksanakan operasi informasi pada OMP dan OMSP di mandala operasi Perairan Natuna Utara, Perairan Selatan Selat Bali dan wilayah Papua dalam rangka mendukung tugas Kogasudgab”.

Wilayah operasi latihan dilaksanaksanakan pada tiga mandala operasi, yaitu Perairan Natuna Utara untuk Koopsud I, Perairan Selat Bali untuk Koopsud II dan wilayah Papua untuk Koopsud III.

Hadir saat pembukaan latihan para pejabat Mabesau dan Kodiklatau, antara lain Askomlek Kasau, Aspotdirga Kasau, Danpuslat Kodiklatau selaku Direktur latihan dan sejumlah Kepala Dinas Mabesau.(***)