Antisipasi Cegah Kemacetan Dishub Tangsel Berlakukan Sistem Satu Arah Serpong-Setu

Lifestyle630 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) atau lazim disebut One Way akan dimulai pada Kamis 2 Maret 2023 di wilayah Setu dan Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Dinas Perhubungan (Dishub) pun telah menyiapkan langkah guna mencegah kemacetan panjang.

One Way itu akan diterapkan untuk ruas jalan Rawa Buntu menuju Viktor, lalu Viktor ke arah Muncul, dan Muncul menuju Bundaran Tekno. Selanjutnya, kendaraan yang melewati Bundaran Tekno seterusnya akan diarahkan melalui Buaran Serpong atau Rawa Buntu.

“Sistem Satu Arah itu dimulai dari Rawa Buntu ke arah Viktor, dari Viktor ke arah Muncul, dari Muncul ke arah Bundaran Tekno. Dari Bundaran Tekno balik lagi ke arah Buaran Serpong,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Tangsel, Topan, saat ditemui usai acara Forum Rapat OPD di Serpong, Selasa (28/02/23).

Langkah mengantisipasi kemacetan pun disiapkan, di antaranya dengan menempatkan sejumlah personil pada simpang-simpang utama rute One Way hingga akses jalan di persimpangan kecil.

“Pertama kita optimalisasi kerjasama dengan kepolisian, keduanya dengan pengerahan personil anggota yang ada di Dishub, yang nantinya kita tempatkan mereka di simpang-simpang utama dan simpang kecil,” jelasnya.

One Way sendiri akan diberlakukan pada hari Senin hingga Jumat. Sedangkan waktu operasionalnya dibagi 2 waktu, pagi dan sore. Pagi hari dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB, sedang sore harinya dimulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 18.30 WIB.

“Adapun hari Sabtu dan Minggu nya kita berlakukan normal,” tambahnya.(sg)