Babinsa Koramil 08/KM Bantu Warga Dalam Perawatan Tanaman Tebu

TNI Polri219 Dilihat

Pencapaian Hasil maksimal tidak terlepas dari usaha dan perencanaan yang matang, juga perlu modal dan manajemen yang matang.
Keterbatasan terkadang bisa jadi penyebab dari hasil akhir yang kurang memuaskan, terjadinya gagal panen dan pencapaian kurang maksimal.

Pada kesempatan kali ini, personil dari Koramil 08/KM Kodim 0302/Inhu Serda Gusman Herianto sambangi petani tebu milik Ibu Mardiati di Desa Sungkai kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Rabu ( 18/01/2023 ).

Babinsa Menyampaikan” kehadiran kami dengan masyarakat semoga bisa membantu paling tidak jadi moril dan motivasi, sehingga kita bisa bertukar pikiran dan informasi demi kemajuan petani di desa ini.
“Tapi selama ini masih terdapat banyak kendala yang dialami petani tebu sehingga produktivitasnya cenderung menurun,” Ujar Babinsa.

Padahal tanaman tebu merupakan salah satu kebutuhan pokok yang mempunyai peranan penting dan strategis. Di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan produksi komoditi perkebunan harus tetap berjalan agar dapat menyediakan kebutuhan pokok sebagai kebutuhan dasar masyarakat.

Adapun kendala yang dialami petani tebu selama ini, tambah Serda Gusman, diantaranya produktivitas rendah, terbatasnya pendampingan kepada petani, ketersediaan pupuk subsidi yang terbatas, harga pupuk non subsidi yang mahal sehingga masyarakat kurang mampu sulit untuk membeli obat-obatan karena faktor ekonomi modal yang terbatas, tutupnya.