BRI Menggali Potensi Wirausaha ASN KemenPANRB

Nasional258 Dilihat

Bisnis Metro,JAKARTA– PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggali potensi wirausaha para aparatur sipil negara atau ASN Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dengan berbagai program yang dimiliki bank BUMN itu, ASN bisa menambah penghasilan terutama menjelang masa pensiun.

Sosialisasi yang diberi nama Ngobrolin Produk BRI ini dibuka oleh Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, dari Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (29/06/2022). ASN yang masih aktif pun diperbolehkan membuka usaha mandiri.

“Sebagai ASN, kita diperbolehkan berwirausaha tetapi tentu saja sesuai koridor peraturan yang berlaku,” ungkap Rini dalam acara yang digelar secara hibrida itu. Rini berterima kasih kepada BRI yang selalu mendukung ASN di Kementerian PANRB terutama untuk menggali potensi wirausaha.

Secara umum, ada dua produk yang dikenalkan oleh BRI di sosialisasi kali ini. Produk tersebut adalah agen BRILink dan Brigunapreneur.

Apa itu agen BRILink? Dikutip dari laman resmi BRI, agen BRILink adalah perluasan layanan perbankan tanpa kantor. Agen BRILink dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara realtime online menggunakan fitur EDC miniATM BRI atau BRILink Mobile.

Agen BRILink membantu masyarakat di daerah pelosok yang ingin melakukan layanan perbankan. Melalui program ini, nasabah BRI maupun masyarakat umum bisa mendapatkan pelayanan seperti di kantor BRI. Misalnya transfer ke sesama BRI, transfer antarbank (rekening bank berbeda), setor dan tarik tunai, bayar tagihan listrik, bayar iuran BPJS Kesehatan, bayar angsuran kredit, bayar belanja online, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

“Bank BRI juga memberikan kesempatan bagi para ASN untuk menjadi Agen BRILink dengan konsep bagi hasil yang lebih menguntungkan sehingga menambah pendapatan, dan tambahan lainnya,” ucap Vice President BRI Consummer Lending & Sales Division Teddy Anggiat.

Selain menjadi agen BRILink, ada juga produk Briguna Mobile yang merupakan fitur dari BRI Mobile atau BRIMO. Produk ini adalah langkah BRI agar nasabah terhindar dari jeratan pinjaman online ilegal. BRI menawarkan Briguna Preneur untuk pinjaman modal usaha khusus pegawai atau pensiunan untuk memulai usaha serta dapat memilih jenis usahanya.

Pinjaman modal atau biaya ini bisa dilakukan melalui BRIMO, tidak perlu lagi antre di bank seperti cara konvensional. BRIguna diperuntukan bagi ASN, TNI, Polri yang gajinya harus dibayarkan melalui BRI. Dengan ini membantu supaya mempermudah pembayaran angsuran tiap bulannya.

Akhir sosialisasi ditutup dengan simulasi pengajuan Briguna Preneur yang cukup mudah. Pemohon hanya perlu menyiapkan e-KTP, mengakses aplikasi BRImo, serta melakukan perbandingan muka atau face compare.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Devi Ananta, Senior Vice President Institutional Division Lulu Devita Soeryokoesoemo, Vice President Brilink Network Division Gusneldi, Pimpinan Cabang Bank BRI M. Fendi Maulana, serta Pimpinan Cabang Pembantu Bank BRI Marina Limbong serta para peserta melalui offline maupun online.
sumber:Hms MenPANRB