Doa Jadi Bekal Prajurit TNI AL Jalani Tugas Negara

Nasional151 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melaksanakan penyusunan buku Doa Bagi Prajurit TNI AL yang dapat memberikan keyakinan secara spiritual bagi prajurit saat melaksanakan tugas negara.

“Buku doa ini diharapkan mampu membentuk ikatan penghubung yang kuat antara seorang prajurit dengan Allah SWT, sekaligus melipatgandakan semangat prajurit TNI AL untuk terus memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara.” Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono seusai acara penandatanganan sekaligus serah terima Buku Doa Bagi Prajurit TNI AL yang disahkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Rabu (14/12) di Aula Buya Hamka MUI, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit memiliki resiko yang tidak kecil, dengan keyakinan yang kuat akan kuasa Tuhan, rasa cemas dan takut dapat dirubah menjadi kekuatan, semangat pantang menyerah dan rela berkorban. “Atas nama seluruh Prajurit Jalasena Samudera saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusi dan dukungan dari Majelis Ulama Indonesia dalam penyusunan Buku Doa Prajurit TNI Angkatan Laut ”, ungkap Kasal.

Sementara itu Wakil Ketua Umum MUI Dr. K.H. Marsudi Syuhud, M.A., mengatakan, ada tiga hal untuk menjaga negara agar tetap kuat yang pertama adalah integrasi wilayah melalui Angkatan Lautnya, Angkatan Daratnya dan Angkatan Udaranya. Kedua adalah integrasi antara yang dipimpin dengan yang memimpin tidak boleh ada gap, sedangkan yang ketiga integrasi nilai yaitu memiliki prinsip teguh sebagai prajurit yang bernegara sesuai ajaran agamanya.

Sedangkan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH. M. Cholil Nafis menyampaikan bahwa, saat prajurit bertugas akan membutuhkan penguatan keimanan. “Kita ingin para prajurit yang ada di berbagai wilayah termasuk di perbatasan memiliki kekuatan, yang didukung dengan doa-doa keimanan dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan negara,” tandasnya.

Buku Doa Bagi Prajurit TNI AL ini berisikan kumpulan doa-doa aplikatif yang dapat digunakan dalam aktivitas prajurit khususnya para prajurit yang beragama Islam. “Ke depan nantinya juga akan dikeluarkan dan disusun untuk buku yang berisikan doa-doa bagi para prajurit yang beragama lain”, tegas Kasal.(***)