HUT Koopsud, Pangkoopsudnas Apresiasi 71 Tahun Perjalanan Koopsud dan Jajaran

TNI Polri370 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Komando Operasi Udara tepatnya hari ini 15 Juni 2022 genap berusia 71 tahun dan diperingati secara sederhana serta sesuai prokes yang diikuti anggota Makoopsud I, dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Koopsud I, Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han., mewakili Pangkoopsud I Marsekal Muda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M. Bertempat di Lapangan Upacara Makoopsud I. Dihadiri oleh para asisten, para kepala satuan kerja, para perwira, bintara, tamtama dan PNS Koopsud I. (Rabu, 15-6-2022).

Dalam amanat tertulisnya Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., yang dibacakan olah Kas Koopsud I, mengatakan peringatan hari jadi Koopsud pada tahun ini kembali dirayakan secara sederhana mengingat kondisi masih berstatus pandemi Covid-19, yang menjadi ujian sulit bagi kita bersama.

Namun demikian, Pangkoopsudnas berharap peringatan sederhana ini tidak mengurangi makna dan semangat jajaran Koopsud untuk terus memberikan darma bakti, sebagai Komando Utama Operasi yang menjadi ujung tombak TNI Angkatan Udara.

Peringatan pada kali ini mengambil tema: “Dilandasi Semangat Abhibhuti Antarikshe, Komando Operasi Udara Bertekad Mewujudkan TNI Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan”.

Pangkoopsudnas juga menambahkan bahwa saat ini Koopsud semakin mempertegas perannya yang tangguh, lewat keberhasilan dalam menyelenggarakan berbagai tugas yang diamanahkan kepadanya. Dalam kurun waktu 71 tahun perjalanan, Koopsud telah turut serta secara aktif dalam mengabdikan diri demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara baik melalui Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

“Diantaranya telah mengerahkan kemampuan terbaik dalam melaksanakan upaya mitigasi bencana alam maupun non-alam; penanggulangan kelompok kriminal separatis bersenjata; serta dukungan kepada pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” jelas Pangkoopsudnas.

Lebih lanjut Pangkoopsudnas menegaskan bahwa dengan melalui peringatan hari jadi Koopsud tahun ini, Pangkoopsudnas mengajak seluruh satuan jajaran Koopsud I, Koopsud II dan Koopsud III, untuk terus beradaptasi dan mengevaluasi diri, serta terus melakukan perbaikan, sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman.

Mengakhiri sambutannya Pangkoopsudnas mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi, kepada segenap prajurit dan PNS jajaran Koopsud I, II, & III di mana pun berada dan bertugas. Pengabdian dan dedikasi yang telah anggota berikan kepada bangsa dan negara melalui Komando Operasi Udara, akan menjadi sumbangsih terbesar sebagai warisan untuk generasi penerus bangsa.(***)