Pangkoopsud I Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-72 Koopsud

TNI Polri184 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Komando Operasi Udara tepatnya hari ini 15 Juni 2023 genap berusia 72 tahun diperingati oleh seluruh keluarga besar Koopsud I secara khidmat mengikuti upacara dengan Irup Panglima Koops Udara I Marsekal Muda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. yang berlangsung sederhana di Lapangan Upacara Makoopsud I. Kamis (15-6-2023).

Kiprah Komando Operasi Udara (KOOPSUD) di tahun tahun 2023 yang telah mencapai usia ke-72 tepatnya pada tanggal 15 Juni tahun 2023, dalam sejarah perkembangan Koopsud sebagai komando utama operasional TNI, tidak terlepas dari sejarah pertumbuhan dan perkembangan TNI Angkatan Udara khususnya, serta TNI pada umumnya.

Dalam perkembangannya, berdasarkan Kepres Nomor 12 Tahun 2018 Tanggal 8 Mei 2018 TNI saat ini menambah kekuatannya dalam mengawal dan menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan dibentuknya Koopsud III yang bermarkas di Biak, dengan demikian Koopsud tergelar dalam tiga wilayah, yaitu Koopsud I bermarkas di Jakarta, Koopsud II bermarkas di Makassar dan Koopsud III bermarkas di Biak, demikian cuplikan naskah Lintasan Sejaran Koopsud yang dibacakan saat upacara berlangsung.

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pangkoopsud I, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M. mengatakan Selama kurun waktu tujuh puluh dua tahun perjalanan, Komando Udara telah turut serta secara aktif dalam mengabdikan diri demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. “Selama perjalanan tersebut, Koops Udara telah mengukir berbagai prestasi penugasan, baik melalui Operasi Militer Perang Maupun Operasi Militer Selain Perang,” Tambah Pangkoopsudnas.

Lebih lanjut Pangkoopsudnas mengapresiasi atas prestasi Koops Udara diantaranya Operasi pengamanan wilayah udara nasional, pengamanan wilayah perbatasan negara dan pulau-pulau terluar, evakuasi WNI di Sudan, pengamanan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, serta berbagai kegiatan dukungan operasi udara dalam mendukung program pembangunan nasional.

“Begitu juga dengan terlaksananya latihan operasi udara gabungan di tingkat Kotama, yaitu latihan Jalak Sakti, Latihan Sikatan Daya dan Latihan Kasuari Perkasayang telah berjalan dengan aman dan lancar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menguji satuan jajaran Koops Udara dalam melaksanakan tugas operasi udara di wilayan udara NKRI,” lanjut Marsdya TNI Tonny Harjono.

Upacara peringatan HUT ke-72 Koopsud dihadiri para pejabat TNI AU antara lain Kepala Staf Koops Udara I, Inspektur Koops Udara I, Komandan Kosek IKN, Komandan Lanud Halim P, Komandan Lanud Suryadarma, Komandan Lanud Husein S, dan Komandan Wing 4 Lanud Atanga Sendjaja serta para pejabat utama Koops Udara I.

Pada kesempatan tersebut Pangkoopsudnas dalam amanatnya memberikan penekanan kepada seluruh prajurit Koops Udara agar mengedepankan cara kerja yang komunikatif, kolaboratif dan profesional untuk mengatasi berbagai tantangan ke depan.

Usai melaksanakan upacara, Panglima Koops Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto melanjutkan acara potong tumpeng sebagai simbol peringatan hari jadi Koopsud ke-72 di Lobi Makoopsud I yang dihadiri para pejabat Koopsud I, dan selanjutnya potongan tumpeng diserahkan kepada Peltu Suhartuti dan PNS Lehan.(***)