Perkuat Interoperabilitas Antar Kapal, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O UNIFIL Laksanakan Advance Maneuvering Exercise di Laut Mediterania

Internasional131 Dilihat

Bisnismetro.id, LEBANON – KRI Diponegoro-365 (KRI DPN-365) sebagai salah satu unsur yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O UNIFIL melaksanakan Miscellenous Exercise (Miscex) 831 Advance Maneuvering Exercise dengan kapal-kapal dari negara lain di Area of Maritime Operation (AMO) Perairan Mediterania, Lebanon, Minggu (28/01) kemarin.

Pada latihan bersama ini melibatkan beberapa kapal perang yaitu dua kapal jenis Corvete, KRI DPN-365 (Indonesia) dan BNS Sangram-F113 (Bangladesh) serta satu kapal jenis Frigate yaitu TCG Yildrim F-243 (Turki).

Seluruh kapal membentuk beberapa formasi untuk menghadapi berbagai simulasi ancaman dan membentuk pertahanan dari kontak permukaan dan udara yang teridentifikasi sebagai musuh dalam peperangan laut.

Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa latihan ini selain untuk memperkuat interoperabiliti antar kapal-kapal yang tergabung dalam MTF 448 UNIFIL, secara internal juga bertujuan untuk melatih para prajurit khususnya tim anjungan dan tim Pusat Informasi Tempur (PIT) dalam manuver kapal dengan membentuk formasi serta menghitung halu, waktu, kecepatan dan ketepatan dalam menempati posisi yang di tentukan.

Dalam berbagai kesempatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh seluruh prajurit Jalasena yang sedang menempuh misi perdamaian untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan dan menjaga nama baik TNI AL, TNI, bangsa, dan negara di dunia internasional.(***)