Rakernis Koopsud I : Optimalkan Pengamanan Aset yang Tertib Administrasi.

TNI Polri237 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA –  “Mengoptimalkan pengawasan dan pengamanan aset TNI Angkatan Udara di setiap jajaran dengan cara melaksanakan pemberkasan dan sertifikasi, melakukan pelaporan rutin atas status aset, BMN, dan supporting items“ salah satu penekanan Pangkoopsudnas yang disampaikan kembali oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Koopsud I TA. 2023, yang berlangsung di Gedung Roesmin Nurjadin, Makoopsud I. (Rabu, 15-02-2023).

Mengacu dengan penekanan Pangkoopsudnas, Rakernis Koopsud I tahun ini mengangkat tema “Koopsud I yang Profesional, Modern dan Tangguh melalui Pengamanan Aset yang Tertib Administrasi untuk Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara dan Pembangunan Ekonomi Nasional”.

Rakernis yang berlangsung sehari ini membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Lanud-Lanud dan Kosek di jajaran Koopsud I, terutama tentang pengamanan aset di wilayahnya dan membahas program kerja TA. 2023.

Kegiatan Rakernis Koopsud I tahun 2023 ini merupakan Rakernis kedua yang digelar sejak terbentuk menjadi Koopsud I yang berada dibawah Koopsudnas, di mana Kosek dan Lanud beserta jajarannya menjadi satu kesatuan dibawah Koopsud I.

Peserta yang hadir secara tatap muka dalam Rakernis Koopsud I terdiri dari para 20 Komandan Lanud dan 2 Komandan Kosek di Jajaran Koopsud I, dan yang hadiri secara vicon para Liasion Officer, para Danskadron Udara, Danskatek, Dansatrad, dan Dansatrudal yang bertugas di wilayah Koopsud I.

Selain itu, Rakernis Koopsud I juga dihadiri Kas Koopsud I Marsma TNI Deni Hasoloan, Irkoopsud I Marsma TNI Ir. Yudi Mandega, M.Tr(Han), para Asisten, Sahli dan pejabat utama Koopsud I.

Pada kesempatan tersebut Panglima Koopsud I juga memberikan beberapa penekanan yang antara lain bahwa seluruh prajurit TNI AU khususnya anggota Koopsud I dan jajaran, untuk selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, tetap menjaga kesehatan pribadi dan keluarga, dan senantiasa menjaga kedisiplinan prajurit, dalam rangka membina kesiapan dan kemampuan demi kemajuan TNI Angkatan Udara yang kita cintai.

Selain itu, dalam pertemuan Rapat Kerja Teknis ini Pangkoopsud I menambahkan dalam hal pembinaan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Udara, agar menyiapkan dan mengoptimalkan kemampuan satuan guna mendukung penugasan dalam rangka membantu pemerintah dalam mewujudkan program prioritas nasional, serta terkait pengamanan aset, Para Komandan Satuan harus paham dan mampu menyelesaikan permasalahan aset di satuannya masing-masing sesuai aturan.

Berkaitan dengan pengamanan dan pemanfaatan aset tanah milik TNI Angkatan Udara, dalam Rakernis Koopsud I menghadirkan Nara sumber dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bpk. I Made Daging A.Ptnh., M.H. serta dari Dinas Barang Tidak Bergerak (BTB) TNI Angkatan Udara Kolonel Sus Ifranedi yang akan memberikan materi tentang pengamanan dan pemanfaatan aset tanah TNI Angkatan Udara dalam rangka mewujudkan tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum.

Yang tidak kalah pentingnya Pangkoopsud I dihadapan para peserta Rakernis mengingatkan kembali penekanan utama Kepala Staf Angkatan Udara pada acara Rapat Pimpinan TNI AU, yang mengharapkan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara untuk terus menjaga netralitas TNI, serta turut membantu Pemerintah dan Polri dalam pengamanan menuju pesta demokrasi Pemilu 2024.(***)