Rakorniskumau Tahun 2023,Aspotdirga Kasau: Tingkatkan Kapabilitas, Kredibilitas, dan Soliditas Perwira Hukum dalam Pelaksanaan Tugas

TNI Polri343 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Asisten Potensi Dirgantara Kasau (Aspotdirga Kasau) Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos menekankan pentingnya peningkatan kapabilitas, kredibilitas, dan soliditas seluruh perwira hukum TNI AU dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Menurut Aspotdirga Kasau, hal tersebut dibutuhkan seiring dengan makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan dengan berbagai implikasinya.

“Dituntut personel hukum TNI AU yang profesional, modern, dan tangguh dalam mendukung pelaksanaan tugas penegakkan kedaulatan negara dan hukum di udara,” kata Aspotdirga Kasau.

Pernyataan tersebut disampaikan Aspotdirga Kasau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadiskumau Marsma TNI Evi Zuraida, S.H., M.H pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Hukum TNI AU (Rakorniskumau) tahun 2023, di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Megamendung Bogor, Kamis (2/3/2023).

Rakorniskum diikuti seluruh Perwira dan Kepala Hukum satuan jajaran TNI AU, mengangkat tema, ”Korp Hukum TNI Angkatan Udara Siap Meningkatkan Kapabilitas guna Mendukung Tugas TNI AU sebagai Patriot NKRI”.

Aspotdirga Kasau menilai, tema tersebut sangat tepat, seiring dengan meningkatnya kesadaran hukum masyarakat dan tuntutan reformasi birokrasi bidang hukum dan perundang-undangan, yang berdampak pada meningkatnya beban tugas Diskumau.

Aspotdirga Kasau berharap, Rakorniskumau membahas berbagai materi permasalahan hukum yang dihadapi di lapangan, serta solusinya, sehingga dapat terwujud kesatuan persepsi dan tindakan dalam melaksanakan tugas para perwira hukum selanjutnya.

Rakorniskumau diisi dengan paparan Sesdiskumau terkait penekanan Rapim TNI dan Rapim AU dan paparan tiap-tiap Subdis terkait evaluasi program kerja tahun 2022 dan tahun 2023, beserta permasalahannya dan kesatuan pola pikir serta pola tindak, dalam menyelesaikan setiap perkara hukum.(***)