Simak cara unik Prajurit KRI Bima Suci merawat kapal

Internasional99 Dilihat

Bisnismetro.id, LAUT MERAH ARAB SAUDI — Prajurit KRI Bima Suci mempunyai cara unik dalam memberikan perawatan ekstra terhadap geladak utama kapal layar tiang tinggi yang dimiliki TNI Angkatan Laut (TNI AL). Perawatan yang rutin dilaksanakan tersebut dinamakan “Soapen”.

Para prajurit Jalasena biasa menyebut kegiatan tersebut dengan “Soapen” yang artinya adalah kegiatan pembersihan atau perawatan geladak utama KRI Bima Suci dengan menggosokan serabut kelapa agar kotoran yang melekat dan tetap menjaga kaulitas serta keaslian kayu jati yang menjadi bahan utama geladak KRI Bima Suci ini. Hal itu dilakukan saat kapal tengah dalam pelayaran menuju etape keempatnya melalui laut Merah, Arab Saudi Jumat (12/05).

Selain melaksanakan soapen, para prajurit juga melaksanakan kegiatan pembrasoan ke sejumlah perlengkapan kapal yang terbuat dari bahan kuningan. Hal ini bertujuan untuk menjaga peralatan maupun perlengkapan kapal yang terbuat dari bahan kuningan agar selalu terjaga kualitas serta menambah keindahan kapal layar tiang tinggi tersebut.

Kegiatan yang dilakukan seluruh prajurit KRI Bima Suci sejalan dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa setiap prajurit Jalasena agar selalu menjaga dan bertanggung jawab terhadap setiap Alutsista yang diawakinya guna kesiagaan dan kesiapan tinggi SSAT dimanapun berada sehingga dapat dioperasionalkan dalam setiap penugasan.(***)