Bangsa Besar Kuat Budayanya: Wakasau Hadiri Pergelaran Wayang Kulit “Bimo Krido” Mabes TNI

Sosbud106 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman., M.Si (Han) menghadiri pergelaran Wayang Kulit dalam rangka HUT ke-78 TNI Tahun 2023 di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat malam (6/10/2023).

Pertunjukan Wayang dibuka Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan mengangkat lakon “Bimo Krido”. Pertunjukan wayang kulit juga digelar di 78 lokasi berbeda dalam waktu bersamaan. Pergelaran wayang kulit yang unik ini, telah memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Panglima TNI mengatakan, pergelaran wayang kulit sebagai rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI, yang puncaknya telah dilaksanakan dengan sukses di Silang Monas, Jakarta.

“Malam hari ini kita akan merayakan hiburan Wayang Kulit yang didalamnya terkandung tuntunan dan filosofi hidup yang positif bagi prajurit,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI mengungkapkan, melalui pergelaran wayang kulit diharapkan dapat memberikan hiburan kepada masyarakat, sekaligus sebagai wujud kebersamaan TNI , Polri dan juga element masyarakat lainya.

Lakon “Bimo Krido” menceritakan tokoh Bimo sebagai sosok ksatria Pandawa yang bertugas menjaga keamanan negara, sekaligus ikut membangun negara.

Pementasan lakon tersebut, diharapkan dapat menjadi suri tauladan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi seluruh anggota TNI, Polri dan juga masyarakat, sehingga memupuk jiwa nasionalisme, yaitu membela tanah air dan bangsa.

Selain di Mabes TNI, pergelaran wayang juga dilaksanakan di 78 lokasi berbeda, tiga diantaranya berlokasi di luar negeri, yakni Dj Amerika Serikat, Suriname dan Malaysia(***)