Morotai Ambil Bagian Latihan Perang Dalam Latgab TNI 2023

Daerah150 Dilihat

Bisnismetro.id, MOROTAI – Komandan Pusat Latihan (Danpuslat) Kodiklat TNI Marsma TNI Djohn Amarul meninjau lokasi yang akan digunakan untuk Latihan Gabungan Tentara Nasional Indonesia (Latgab TNI) Tahun 2023 di Morotai, Maluku Utara, Selasa (9/5/2023).

Komandan Pusat Latihan (Danpuslat) Kodiklat TNI Marsma TNI Djohn Amarul menjelaskan bahwa Latgab TNI Tahun 2023 akan dilaksanakan di tiga spot yaitu di wilayah Dabo Singkep Kepulauan Riau, Asem Bagus Jawa Timur dan Morotai Maluku Utara tersebut berdasarkan Direktif Panglima TNI Nomor Sprin/293/II/2023 tanggal 22 Februari 2023 tentang Direktif Latihan Gabungan TNI tahun 2023 dalam rangka Latihan Posko dan Latihan Lapangan.

Adapun target dan sasaran yang ingin dicapai pada Latihan Posko agar prajurit TNI menguasai dan mahir dalam menerapkan Prosedur Mekanisme PPKM (Prosedur Pengambilan Keputusan Militer) tingkat Kogab TNI dan Kogas, menguasai dan mahir dalam Renkamil atau RO (Rencana Kampanye Militer atau Rencana Operasi) dengan metode Tactical Floor Game, menguasai dan mahir dalam merencanakan dukungan operasi Kampanye Militer dan Opsgab TNI, menguasai dan mahir dalam koordinasi antar unsur bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Sedangkan Latihan Lapangan dengan sasaran yang ingin dicapai yakni meningkatnya daya tempur satuan-satuan TNI, terujinya kemampuan Alutsista TNI, terujinya kemampuan personel TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta terujinya doktrin, prosedur dan organisasi dalam pelaksanaan Kampanye Militer maupun operasi gabungan.

Tinjau medan ke Morotai yang dipimpin oleh Danpuslat Kodiklat TNI Marsma TNI Djohn Amarul beserta 32 personel (TNI AD, TNI AL, TNI AU) bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Senin 8 Mei 2023 itu menggunakan Pesawat Hercules C-130 TNI AU.

Sebelum peninjauan lokasi latihan dilaksanakan briefing yang dipimpin oleh Danpuslat Kodiklat TNI Marsma TNI Djohn Amarul. Selanjutnya paparan Paban Renlat Diklat Kodiklat TNI Kolonel Pas Dodi Irawan di Aula Mako Lanud TNI AU dan Mako Lananal TNI AL, yang dihadiri para koordinator materi dan pendukung dengan tujuan untuk menentukan sesuai Tupoksi masing-masing.

Peninjauan lokasi latihan meliputi berbagai operasi yaitu Ops Udgab, Ops Ratmin, Ops Hantai, Ops Lintas Udara, Ops Ratgab, Ops Duk Bantem, Ops Duk Penerangan (Media Center), Titik Tinjau Tamu, Jalur Evakuasi dan Kolat Penyelenggara maupun Posko Pelaku.

Hasil tinjau lokasi yang dihasilkan diharapkan sesuai kondisi terkini dengan nyata daerah latihan yang meliputi cuaca, medan, musuh dan karakteristik yang terkini.Usai pelaksanaan tinjau lokasi Latgab TNI dilanjutkan Debriefing guna mengevaluasi hasil peninjauan medan yang akan dilaksanakan di wilayah Morotai Maluku Utara.(***)