Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFILL Sukses Penuhi Standarisasi PBB Secara Sempurna di Lebanon

Internasional121 Dilihat

Bisnismetro.id, LEBANON – Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL sukses memenuhi standarisasi PBB dengan sempurna. Hal tersebut didapat setelah menerima kunjungan tim Contingen Owned Equipment (COE) Inspection kuartal kedua dalam rangka pemeriksaan kapal, heli, dan personel pengawak sesuai standarisasi PBB di Dermaga Beirut, Lebanon pekan ini.

Dalam kesempatan tersebut, tim COE Inspection dipimpin Deputy Chief COE Unit, Mr. Ismail Sulucay (Turki) beserta 11 anggota tim UNIFIL dari berbagai kewarganegaraan meliputi Brazil, Cina, India, Indonesia, Inggris, dan Rusia menerima welcome speech dari Dansatgas Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh, dilanjutkan dengan briefing awal sebelum melaksanakan inspeksi menyeluruh di masing-masing bagian.

COE Inspection yang dilaksanakan mencakup aspek konfigurasi dan kemampuan kapal maupun heli, self sustainment, operational requirement, medical requirement, serta kualifikasi dan kompetensi pengawak dari Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL.

Tim juga berkesempatan meninjau langsung anjungan, Pusat Informasi Tempur (PIT), dapur, ruang kesehatan, ruang laundry, ruang mesin, bengkel mesin dan elektronika, ruang rekreasi dan akomodasi prajurit. Pemeriksaan mencakup kualifikasi, pendidikan, latihan, latar belakang penugasan, dan penguasaan bahasa dari prajurit Satgas.

Setelah melaksanakan pemeriksaan, Ketua Tim menyampaikan hasilnya bahwa KRI Frans Kaisiepo-368, Heli Panther HS-1306 dan personel pengawaknya telah memenuhi standarisasi PBB secara sempurna tanpa ada catatan. Selain itu, kebersihan dan kemampuan kapal yang menurutnya seperti kapal baru dan tampak berkilau di setiap sudut yang dikunjungi membuatnya merasa sangat kagum. Tim COE selanjutnya memberikan apresiasi atas terpenuhinya seluruh aspek yang dipersyaratkan PBB

“Kami senang karena seluruh aspek yang diinspeksi berhasil dipenuhi sesuai standar PBB berdasarkan Letter of Assist terbaru yang diberlakukan sejak 1 Desember 2022”, ucap Dansatgas setelah penyampaian hasil pemeriksaan oleh Ketua Tim COE Inspection.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada prajurit Jalasena yang sedang bertugas sebagai pasukan perdamaian untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan.

“Jaga nama baik TNI AL dan Indonesia, serta pelihara hubungan dengan negara-negara yang juga tergabung dalam UNIFIL, sehingga nama baik bangsa maupun TNI AL tetap harum di dunia internasional”, tegas Kasal. (***)