TAMAN PANCASILA SMPN 6 Tangsel, Ini Penjelasan Kepsek

Pendidikan326 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan inovasi dan terobosan baru dalam meningkatkan pendidikan non akademik untuk para siswanya.

Salah satunya adalah mencanangkan program TAMAN Pancasila dengan Motto ‘Jiwa dan Tindakanku’

Program itu, digagas oleh Kepala SMPN 6 Tangsel Joko Santosa sejak awal dirinya bertugas di sekolah tersebut pada bulan Maret Tahun 2022 lalu.

Joko mengatakan, program tersebut dicanangkan bertujuan untuk mewujudkan para siswanya menjadi anak-anak yang berkerakter dan berkualitas.

“Saya pengin membenahi kualitas karakter siswa di SMPN 6 Tangsel menjadi lebih baik yang bernuansa nasionalis dengan cara menanamkan dan menerapkan nilai-nilai pancasila di sekolah,”ungkap Joko, Rabu (5/1)lalu, di ruang kerjanya.

Joko menjelaskan, sebuah nama TAMAN Pancasila memiliki arti bahwa secara istilah kata “TAMAN” itu adalah menyenangkan, maka dirinya akan membuat sekolah ini sangat menyenangkan dengan menerapkan nilai-nilai pancasila yang dirangkum dengan kegiatan-kegiatan yang diaingkat dalam sebuah nama TAMAN yaitu (Takwa, Atitut, Mutu, Asri dan Networking).

“Taqwa artinya jadi siswa yang bersekolah disini harus bertaqwa kepada Tuhannya dengan menjalan ibadah, seperti sholat berjamaah, mengaji atau membaca Alquran bersama dan ibadah lainnya,” jelas Joko.

Joko melanjutkan, kemudian Atitude yang artinya siswa harus bersikap sopan santun dengan tunduk dada saat bertemu dengan setiap guru di sekolah. Lalu, Mutu yang artinya dirinya akan meningkatkan mutu pembelajaran baik mutu siswa maupun mutu pengajar dengan cara menggelar kegiatan-kegiatan literasi dan membaca bersama.

“Kata Asri, yaitu menjadikan sekolah ini aman, sehat, rapi dan indah. Yang terakhir Networking, yang mana sekolah maupun siswanya akan menjalin jaringan atau kolaborasi ke sekolah lain,” terangnya.

Untuk mendukung berjalannya program tersebut, Joko membentuk satgas-satgas diantaranya ada Satgas Kesenian, Satgas Bakat Minat, Satgas Kerohanian, Satgas Adiwita, Satgas Literasi, Satgas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Satgas Entrepreneurship atau Kewirausahaan yang dikoordinir oleh para guru dan melakukan kegiatan fesvital yang digelar setiap bulan.

“Jadi setiap tanggal 17 kita selalu mengadakan festival Sekolah TAMAN Pancasila tentang penampilan bakat minat siswa, seharian full kita tidak belajar, tetapi kita fokus ke festival dengan menampilkan bakat siswa. Jadi anak yang bisa nyanyi, menari, karate, silat, dancer, olahraga dan lainnya tampil pada hari itu,” tandasnya.

Kepsek kelahiran Solo, Jawa Tengah itu meyakini bahwa dengan program ini lambat laun dirinya dapat meningkatkan karakter para siswa yang bersekolah di SMPN 6 Kota Tangsel.(sg)