Bukan Ganti Rugi Lagi, Pengembang Perumahan di Serua Indah Ciputat Justru Beli Rumah Janda Lansia yang Terancam Longsor 

Peristiwa113 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Pihak pengembang proyek perluasan perumahan  di Sukamulya, Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), menyepakati pembelian lahan dan rumah milik janda lansia bernama Lasiyem, dengan harga di atas pasaran.

Kediaman Lasiyem persis berada di batas tebing proyek galian perumahan. Guna mencegah terjadi dampak lingkungan, pihak pengembang pun berinisiatif membeli lahan dan rumah warga yang berada di sekitar lokasi.

“Kita sebenarnya sejak awal sudah berkomunikasi dengan warga yang tinggal di batas lahan itu. Jadi kita bersedia membeli lahan dan bangunan di sana, termasuk rumah Ibu Lasiyem. Sudah sepakat, bahkan harganya di atas pasaran,” terang penanggungjawab proyek, Nanang, Jumat (02/02/2024).

Proyek penggalian di sana dikerjakan untuk pembangunan perumahan. Luas area tersebut sekira 1,5 hektare. Pada beberapa sisi, proyek penggalian cukup berdekatan dengan dinding rumah warga. Sebagian batas tebing di sana pun telah rampung diturap oleh pengembang.

Sementara pada rumah Lasiyem meski belum diturap, namun pengembang telah menancapi batang-batang bambu guna nencegah pergeseran tanah.

“Untuk beberapa rumah yang lain kita masih menyepakati soal harga,” jelasnya.

Dilanjutkan Nanang, pihaknya telah menempuh jalur perizinan sebagaimana ketentuan yang ada. Dia pun membeberkan berbagai dampak positif atas keberadaan proyek pembangunan di lokasi yang sebelumnya banyak dipenuhi tumpukan sampah.

“Banyak dampak positifnya, contohnya untuk pekerja kita rekrut banyak dari warga di sini. Kemudian kita juga perbaiki saliran air, sehingga yang tadinya sering banjir sekarang sudah tidak lagi, intinya kita ingin memberdayakan ekonomi masyarakat sekaligus memberi dampak positif ke lingkungan,” ujarnya.

Nanang juga berharap, proyek pembangunan perumahan di lokasi itu memberi dampak bagi iklim investasi di Kota Tangerang Selatan. “Jadi ekonomi warga sekitar tertolong, lingkungan juga kondusif, dan investasi juga tentu akan bertambah,” tandasnya. (Sg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *