Pembangunan Turap Kali Perumahan Puri Bintaro Indah Ciputat Telah Rampung, Pelaksana:Tahap Berikutnya Pengaspalan

Megapolitan229 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Beberapa orang pekerja nampak masih terlihat bekerja di pembangunan turap Kali Perumahan Puri Bintaro Indah RW022 Jombang Ciputat, dalam upaya penanganan banjir dan menyikapi pembangunan infrastruktur di area KM08 toll BSD, Rabu (11/01/2023).

Tentu saja infrastruktur, membantu pembangunan Kota Tangerang Selatan. Akan tetapi pemangku kebijakan harus membantu sistem manajerial air di Kali Perumahan PBI yang dirasa tidak mampu menampung debit.

Pemerintah Kota Tangsel melalui Dnas Sumber Daya Air Bina Marga Dan Bina Konstruk (DSDABMBK), selanjutnya ke pihak ketiga yakni PT Rajawali sebagai pelaksana proyek telah melakukan pelebaran tanggul Kali di lokasi yang dekat dengan Tol Serpong – Pondok Aren. Jalan berbayar yang dikelola PT Bintaro Serpong Damai.

Pelaksana proyek juga telah melakukan peninggian tembok turapnya agar air tidak limpas.

Sedianya target selesai pembangunan rampung di November 2022 lalu, sesuai penyampaian Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan bersama Kadis SDABMBK Kala meninjau lokasi proyek pada tanggal 24 Oktober 2022, juga akan membangun tiga (3) jembatan penyeberangan orang dengan elevansi tanggulnya.

Budiono Suntoro, pelaksana proyek dari PT Rajawali, mengatakan bahwa untuk pekerjaan turap Puri Bintaro Indah sudah selesai dan saat ini tahap perapian pendukung.

Pendukung -pendukung yang dimaksud Budi, adalah untuk perapian jalan perumahan, efek dari proyek.

Dipaparkan Budi, pihaknya telah selesai membangun dua (2) jembatan penyeberangan orang untuk akses ke masjid.

“Selain itu kita juga melakukan pelebaran kali di belakang, fungsinya sebagai penampungan air sementara (long storage,) supaya air ngga langsung mengalir ke arah ke perumahan.

Dan untuk jalan boulevard di PBI, saat ini udah ada pengecoran tapi untuk tahap berikutnya kita ada lanjutan pengaspalan,” katanya.

Pantauan, terlihat pemandangan di sekitarnya masih banyak penumpukan tanah. Hal ini pun dijawab Budi, bahwa sesuai RAB bukan tanggungjawab pelaksana.

“Kalau untuk awal dari pelebaran itu, tanah yang di samping-samping itu nanti untuk maintenance sungai. Tapi itu nanti dari pihak dinas kelanjutannya bukan dari pihak kita,” tuturnya.

Diketahui saat ini ada yang baru di puri bintar indah telah dibangun rumah pompa di rt1 dan tembok pembatas perumahan dengan tol di belakang

“Oh Itu yang mengerjakan bukan rajawali, beda pt sih,” cetusnya.

Mengakhiri wawancara, jaminan pemeliharaan selama 6 bulan kedepan masih tanggung jawab Pt Rajawali.(sg)