Penampakan Pos Ronda ditunggak Kayu di Proyek Turap Kali Bukit Nusa Indah, Pelaksana Ogah Tekor?

Megapolitan148 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Proyek pembangunan turap Kali Cibenda di Jalan Dahlia Perumahan Bukit Nusa Indah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), tengah dikerjakan. Proyek itu terbagi pada beberapa titik yang akan bermuara di Situ Parigi Pondok Aren.

Diantaranya titik itu adalah Jalan Dahlia Perumahan Bukit Nusa Indah Kelurahan Serua – Perumahan Roswood Kelurahan Serua Indah – lahan bekas rawa di Perumahan Pamulang Asri RT 05 RW 09 Kelurahan Serua Indah – Perumahan Puri Bintaro Indah Kelurahan Jombang.

Dikutip dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Tangsel, pembangunan turap itu menelan anggaran sebesar Rp24,4 miliar. Proyeknya dimenangkan oleh PT Jasa Konstruksi Internusa (JKI) yang beralamat di Jalan Sulawesi Blok MD/11 Sektor XIV-6, RT09 RW08, Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Serpong.

Beberapa hari kemarin, pengerjaan proyek itu mendapat sorotan masyarakat. Sebab, tak ada plang papan informasi yang terpasang. Padahal informasi itu penting untuk transparansi pengerjaan suatu proyek di lapangan.

Sementara gundukan material tanah dan bebatuan di sisi proyek menumpuk membahayakan pengguna jalan maupun warga sekitar.

Setelah ditelusuri, rupanya PT JKI yang memenangkan tender Rp24,4 miliar ini kerap memenangkan tender proyek di Pemkot Tangsel. Bahkan diduga, pemilik PT JKI adalah juga pemilik yang sama dengan satu perusahaan lain yang pernah bermasalah hingga sempat disidik Kejaksaan Tinggi Banten.

Kondisi pengerjaan proyek di lapangan itu jelas tak sesuai prosedur. Saat akan dikonfirmasi, ternyata alamat perusahaan hanyalah rumah kosong dengan dipasangi plang PT JKI. Bangunan yang diklaim sebagai kantornya rupanya sudah 2 tahun ini kosong tak dihuni.

“Blok MD 11 itu kan kosong, bekas kantor dulunya. Tapi saya gak tau kantor apa,” kata securiti setempat, Saiful, Kamis (13/7/2023).

Kondisi aliran Kali Cibenda Jalan Dahlia Bukit Nusa Indah, selama pemantauan, tak terlalu deras bila dibandingkan aliran Kali Cibenda di RT03 RW05 Kampung Cilalung Jombang Ciputat yang juga sudah dikerjakan turapnya di akhir Tahun 2022 lalu.

Di lokasi terlihat bangunan tembok pos ronda yang menggantung, ditunggak beberapa balok kayu panjang agar tidak ambruk ke dasar sungai.(sg)