Pengalaman Hadapi Ratusan Geng Motor, Pokdar Kamtibmas Jombang Ciputat diminta Rekrut Para Ketua RT/RW

Megapolitan146 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Sebanyak 27 orang dari 53 orang warga jumlahnya yang tergabung dalam Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Ring 217 beserta Aipda Pawit M, salah satu anggota Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Jombang Polsek Ciputat Timur Polres Tangerang Selatan, dan Sertu Yadi satu lainnya dari anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Jombang  Koramil 05/Ciputat Kodim 0506, secara mufakat memilih kembali Ugi Nata Saputra sebagai ketua Pokdar Kamtibmas R217 untuk periode 2024-2027, pada Rabu (15/05/2024) malam.

Hadir dalam proses penetapan ketua terpilih tersebut diantaranya , Mulyadi Widodo, Ketua Pokdar Kamtibmas Tingkat wilayah hukum Polsek Ciputat Timur, Iwan Sutisna, Lurah Jombang, serta tamu undangan lain yakni Kepala Bidang Kearsipan Kota Tangsel, Tomi Patria Edwardi, dan Para pengurus Pokdar di luar wilayah Jombang Ciputat.
Berlokasi di Pos polisi sub sektor Jombang Ciputat, sebagai tempat perhelatan pemilihan.
Mulyadi Widodo Ketua Umum KSK sektor CiputatcTimur mengatakan, bahwa untuk proses pengukuhan Ketua Pokdar Kamtibmas R217 beserta sub sektor lainnya, akan diplenokan di Tingkat Sektor.
“Pengukuhannya nanti akan kita plenokan dulu di Tingkat Sektor, da 13 Ketua sub sektor untuk periode tiga tahun, 2024-2027, akan kita kukuhkan secara bersama-sama,” ungkap Mulyadi.
Secara khusus, dirinya mengapresuasi buat Pokdar Kamtibmas Jombang Ciputat, karena atas dasar informasi yang masuk serta pengamatan langsungnya.
“Alhamdulillah, cukup masif, cukup solid, dan jumlahnya dari hari ke hari tambah banyak pasukannya,” tutur Mulyadi.
Lanjutnya, bahwa setiap apel jumlahnya cukup banyak yang hadir. Dan setiap tahunnya, karena deerah Jombang Ciputat ini harus kadang-kadang diletakkan ‘Pos Pantau’ yang memang harus ada berjaga dari anggota pokdar dengan jumlah signifikan.
“Saya berharap kepada Ketua sub sektor, karena ini adalah Pokdar Kantibmas sebaiknya melakukan pencegahan terhadap timbulnya gangguan kamtibmas agar segera dapat diantisipasi sesuai arahan Bapak Organik di sekitar. Pencegahan itu, libatkan sebanyak-banyaknya Para ketua lingkungan (RT/RW, Kamling),” katanya.
Pun, dukungan kepada Pokdar Kamtibmas Jombang juga disampaikan Lurah Iwan Sutisna.
“Saya pribadi secara kewilayahan, mengucapkan terimakasih,” ucapnya.
Menurut Iwan, Polsek Ciputat jumlah personiknya terbatas, tentunya keamanan di wilayah, sangat penting sekali.
Senada dengan Mulyadi, dirinya meminta kepada Ketua terpilih dan pengurus yang baru agar bisa mengajak semua para Ketua RT se Kelurahan Jombang bisa bergabung Pokdar Kamtibmas R217.
“Harapan saya cuma satu, bagaimana caranya 23 Ketua RW, 112 Ketua RT di Kelurahan Jombang ini bisa direkrut untuk diajak bergabung dalam Kelompok sadar kamtibmas,” pinta Iwan.
Sembari menutup kata-katanya disamping Mulyadi. Iwan sebagai orang nomor 1 Pemerintahan Kelurahan Jombang Ciputat ini, mengingatkan kembali kisah atau pengalaman Kamtibmas menjelang lebaran tahun 2023.
“Contohnya Pak Ketum, kita pernah begadang bersama-sama saat itu dipinggir jalan, dan saya ingat saat itu kita hanya ada 20 orang, sementara dihadapan kita, ada 200 orang geng motor, untungnya dia ngga nyerang, kalau dia nyerang, mungkin kita sudah sama-sama mati semua,” tutup Iwan. (Sg)