Tangsel Diguyur Hujan Ringan, BPBD Ingatkan Warga Tetap Siaga Banjir dan Pohon Tumbang

Megapolitan243 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meminta masyarakat siaga mengantisipasi banjir dan pohon tumbang akibat cuaca ekstrim beberapa hari ke depan.

Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022. Hal tersebut disampaikan sekaligus menepis informasi yang mengatakan akan terjadinya fenomena badai pada hari ini.

“Intinya warga tetap siaga, nanti kami pun siaga juga dalam rangka penanggulangan terhadap bencana,” jelas Plt Kepala Pelaksana BPBD Tangsel, Bani Khosiyatullah, Rabu (28/12/22).

Bani memaparkan, hingga sore ini cuaca di seluruh wilayah Kota Tangsel terpantau kondusif. Hujan yang turun sejak siang tadi masih terbilang ringan dan sedang, tanpa disertai angin kencang.

“Sampai saat ini kondusif, masih mendung dan hujan rintik-rintik merata. Tapi tetap kita ingatkan warga selalu siaga, biasanya kan kalau cuaca buruk itu dampaknya ke banjir seperti di Pondok Maharta (Pondok Aren) atau juga pohon tumbang,” katanya.

Sebelumnya, BPBD telah berkordinasi dengan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang tersebar di seluruh kecamatan serta dinas terkait mengantisipasi dampak cuaca ekstrem. Selain itu, inventarisir juga dilakukan dengan mengecek titik-titik yang berpotensi terdampak.

“Kita sudah berkordinasi dengan OPD terkait, ada Satpol PP, LH, Sumber Daya Air, Dishub, ada Perkim. Kemudian kita juga berkordinasi dengan penjaga pintu air di Bogor. Di samping itu logistik juga kita siagakan,” ucapnya.(Sg)