21KK Warga RT04 RW06 Parigi Lama Apresiasi Pemkot Tangsel “Stop BAB Sembarangan”

Megapolitan118 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merasa bersyukur bisa mengikuti program yang dari Pemerintahan Kota untuk mendapatkan layanan STBM (Sanitasi Berbasis Masyarakat).

Seperti yang diungkap Herman, Ketua RT 04 RW 06 Kelurahan Parigi Lama Kecamatan Pondok Aren, pada Rabu (22/05/2024).

Dalam penyampaian Herman, khususnya di RT 04 RW 06 Parigi Lama kecipratan program STBM sebanyak 21 Rumah/ KK.

“Alhamdulillah ini setelah melalui sosialisasi, rembug warga, untuk pemanfaatan STBM dan seterusnya,” ucap Herman didampingi Aji sekretaris RT.

Lebih lanjutnya saat ini pengerjaan atau pemasangan 21 STBM masih berlangsung. “Ya saat ini sudah 70% pegerjaannya, dan mungkin sebentar lagi selesai,” tuturnya.

Pihaknya berharap sudah tidak ada lagi warga yang masih buang air besar dengan menggunakan saluran atau pembuangannya ke empang lele atau kolam.

Diketahui bersama, Walikota Benyamin Davie melalui Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Tangsel akan membangun sedikitnya 1.800 septic tank dalam program STBM di wilayahnya. “Tahun ini kami membangun 1.800 septic tank untuk membantu warga dalam rangka hidup sehat,” kata Bang Ben, panggilan akrab walikota,seusai peletakan batu pertama di Jalan Tidore RT04 RW17,Jombang, Ciputat. Selasa 7 Maret 2023.

Kala itu Bang Ben menyatakan, banyak warga masih buang air besar (BAB) dengan menggunakan saluran atau pembuangannya ke empang lele atau kolam.

“Oleh karena itu, 1.800 septic tank atau STBM akan kita bangun di tahun 2023. Setelah ini diikuti dengan sosialisasi rembug warga untuk pemanfaatan dan seterusnya,” katanya.

Tiap septic tank mampu menampung 800 liter tinja. Setelah proses pengolahan, air tinja dibuang ke sumur resapan. Didalamnya sudah ada filter untuk mengolah air sehingga nanti air yang dibuang sudah bersih.(sg)